#
Keterbukaan Data Perpajakan Tidak Hambat Minat IPO Perusahaan

OJK : Keterbukaan Data Tidak Hambat Minat IPO

Emitennews.com – Otoritas Jasa Keuangan (OJK) menegaskan adanya perpu terkait keterbukaan informasi data perbankan dan perpajakan, tidak akan mempengaruhi minat perusahaan untuk mencatatkan sahamnya di pasar modal Indonesia.

Otoritas Jasa Keuangan menilai dengan adanya perpu terhadap keterbukaan informasi data perbankan dan perpajakan harus dipatuhi oleh semua elemen. Meskipun didalam undang – undang pasar modal disebutkan masih ada kerahasian data bagi para nasabahnya.

Kepala Eksekutif Pengawas Pasar Modal Otoritas Jasa Keuangan Nurhaida menjelaskan  minat perusahaan yang belum melantai di bursa tidak akan terpengaruh secara signifikan.

Hal itu ditandai perusahaan yang berhasil melantai di bursa maupun perusahaan yang menerbitkan right issue dan obligasi di triwulan pertama tahun ini, jauh lebih tinggi dibanding periode yang sama tahun lalu.

Nurhaida menyebutkan nilai penerbitan obligasi kuartal satu tahun ini sudah mencapai Rp20 triliun atau lebih tinggi dibanding kuartal pertama tahun lalu yang mencapai Rp12 triliun.

“harusnya tidak ini kan semua negara kalo kita liat yg akan ada ketentun automatic exchange information jumlah IPO perdana right issue dan obligasi meningkat kalo kita bandingkan kuartal satu 2017 ini dibanding sebelumnya jauh meningkat”ucap Nurhaida.

Pemerintah telah menerbitkan aturan baru mengenai akses data nasabah perbankan untuk kebutuhan perpajakan atau yang disebut dengan Automatic Exchange of Information (AEoI).

Aturan ini tertuang dalam Peraturan Pemerintah Pengganti Undang undang Republik Indonesia Nomor 1 Tahun 2017 tentang akses informasi keuangan untuk kepentingan perpajakan.

Kinerja Emiten Membaik

Sementara itu Direktur Penilaian Perusahaan Bursa Efek Indonesia (BEI) Samsul Hidayat menjelaskan performance emiten pada kuartal satu tahun ini hampir 70 persen mencatatkan laba.

“artinya dari triwulan pertama ini 70 persen laporan keuangan  emiten kita mencatatkan laba. ini indikasi baik harusnya di semester pertama performance emiten baik”

Samsul menambahkan untuk di semester kedua tahun ini tren kinerja emiten di bursa masih cukup signifikan menyusul mulai membaiknya iklim bisnis cpo, tambang dan batubara.

Check Also

Pendapatan Turun, Laba Diamond Food Indonesia (DMND) Susut 36,9 Persen di Kuartal III-2020

EmitenNews.com – PT Diamond Food Indonesia Tbk (DMND) mencatat total pendapatan sebesar Rp4,44 triliun di …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

%d bloggers like this: