#

Outlook Negatif, Fitch Ratings Indonesia Turunkan Peringkat PT Greenwood Sejahtera (GWSA) Jadi “BB-“

EmitenNews.com – Fitch Ratings Indonesia telah menurunkan Peringkat Nasional Jangka Panjang pengembang properti PT Greenwood Sejahtera Tbk (GWSA) ke BB-(idn) dari BB(idn) Outlook menjadi Negatif.

Fitch juga telah menurunkan peringkat dari obligasi perusahaan sejumlah IDR72 miliar yang akan jatuh tempo pada Januari 2020 ke BB-(idn) dari BB(idn).

Menurut keterangan Fitch Jumat (11/10), penurunan peringkat mencerminkan meningkatnya risiko likuiditas Greenwood karena ketidakmampuan yang berkelanjutan dalam menciptakan prapenjualan pada proyek mixed-use Capital Square di Surabaya dan penjualan yang berarti pada bangunan kantor yang telah rampung yaitu TCC Batavia Tower 1 di Jakarta, di mana kelebihan pasokan ruang kantor terus menekan harga jual.

Pihaknya memperkirakan Greenwood untuk terus menerima dividen yang stabil dari perusahaan asosiasi, yang akan cukup untuk menutup biaya overhead dan bunga.

Perkiraan EBITDA akan tetap lebih dari 1x biaya bunga pada 2019 dan 2020. Namun perusahaan belum mendapatkan pendanaan yang dibutuhkan untuk menyelesaikan fase residensial dari proyek Capital Square, sementara pinjaman konstruksi sejumlah IDR253 miliar pada proyek ini akan jatuh tempo pada Oktober 2020.

Outlook Negatif mencerminkan kemungkinan bahwa peringkat Greenwood bisa diturunkan lebih lanjut jika perusahaan tidak mampu memperbaiki likuiditasnya di jangka pendek. (Romys)

Check Also

Selain ke PT Telkom (TLKM), PT Indosat Ooredoo (ISAT) Juga Jual 1.000 Menara ke PT Sarana Menara Nusantara (TOWR) Senilai Rp1,95 Triliun

EmitenNews.com – PT Indosat Ooredoo Tbk (ISAT) menyampaikan, selain transaksi jual beli menara dengan anak …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *