#
Ilustrasi taman Monas DKI Jakarta, di malam hari. Dalam platform komunikasi WhatsApp, Indonesia juga disebutkan kena "lockdown" dunia. Ada tujuh negara atau wilayah yang konon menolak warga Indonesia; Singapura, Jepang, Korea Selatan, Taiwan, Hong Kong, Australia, dan Selandia Baru. (Dok. Tempat Wisata Menarik).

Pandemi Covid-19, Sejumlah Wilayah Memang Membatasi Kedatangan Warga Negara Lain
Ada tujuh negara atau wilayah yang konon menolak warga Indonesia; Singapura, Jepang, Korea Selatan, Taiwan, Hong Kong, Australia, dan Selandia Baru. Faktanya, tidak seperti itu

EmitenNews.com – Pandemi covid-19 sejumlah negara membatasi kedatangan warga negara lain. Dalam platform komunikasi WhatsApp, Indonesia juga disebutkan kena “lockdown” dunia. Ada tujuh negara atau wilayah yang konon menolak warga Indonesia; Singapura, Jepang, Korea Selatan, Taiwan, Hong Kong, Australia, dan Selandia Baru. Ternyata karena penyebaran virus corona sejumlah negara membatasi, atau bahkan melarang warga lain berkunjung.

Bombastisnya, disebut-sebut Indonesia kena “lockdown” akibat warganya tak patuh dengan Pembatasan Sosial Skala Besar (PSBB). “Indonesia terserah. DAMPAK RAKYATNYA BANDEL, AKHIRNYA INDONESIA DI LOCKDOWN DUNIA.”

Dari penelusuran diketahui negara-negara yang disebutkan memang sedang membatasi kedatangan warga asing dari negara manapun. Mereka mengkhawatirkan penyebaran virus yang disebut-sebut berasal dari Wuhan, Hubei, China. Jadi, dipastikan bukan hanya WNI yang kena “lockdown.”

Misalnya saja, Singapura, disebutkan; Warga Negara Indonesia yang akan berkunjung ke Singapura, saat ini tidak diperbolehkan sampai batas waktu yang tidak ditentukan. Pengisian form kesehatan dan lain sebagainya saat ini ditangguhkan sampai ada kebijakan baru dari pemerintah Singapura.

Fakta di lapangan menunjukkan, pemerintah Singapura memang sudah lama menolak kedatangan pendatang internasional short term akibat Virus Corona penyebab coronavirus disease 2019 (COVID-19). Jadi, pelarangan itu tak hanya berlaku untuk WNI.

Dalam keterangannya yang dikutip Sabtu (23/5/2020), Duta Besar RI di Singapura, Ngurah Swajaya, memastikan hal itu adalah ketentuan lama dan masih berlaku. “Kita sudah pernah sampaikan press release. Setiap negara (termasuk Indonesia) juga masih melarang kunjungan WNA, kecuali mereka sudah punya ijin tinggal di Indonesia.”

Perkembangan baru, situs Visit Singapore menyebut Singapura baru akan membolehkan transit pada 2 Juni mendatang.

Sementara itu Jepang; Kedubes Jepang, Warga Negara Indonesia yang akan berkunjung ke Jepang, saat ini tidak diperbolehkan sampai awal Juni. Namun, larangan ini akan diperpanjang atau tidak, tergantung kebijakan pemerintah Jepang.

Tetapim faktanya: berdasarkan situs Japan Guide, Jepang melarang masuk warga asing lebih dari 100 negara. Antara lain Singapura, Korea Selatan, Amerika Serikat, dan hampir seluruh negara Eropa. Jadi, bukan hanya Indonesia. Bersamaan dengan itu, tempat wisata di Jepang pun banyak yang ditutup, seperti Menara Tokyo, Disneyland Tokyo, dan Istana Kekaisaran.

Bagaimana dengan Korea Selatan. Informasi yang beredar di media sosial, bagian Korea Visa Application Center (KVAC) Jakarta, menginformasikan Warga Negara Indonesia yang akan berkunjung ke Korea, saat ini tidak diperbolehkan sampai dengan batas waktu yang tidak ditentukan.

Yang benar, Korea Selatan memang membatasi kedatangan warga asing dari berbagai negara. Situs imigrasi Korsel menjelaskan visa short-term C-1 dan C-3 yang dikeluarkan sebelum 5 April telah disuspens. Visa-free entry yang diberikan Korsel juga disuspens apabila negara itu menerapkan pelarangan masuk bagi Korsel, contohnya seperti terjadi dengan Jepang.

Lalu, Taiwan; Konsulat Taiwan Jakarta, Warga Negara Indonesia yang akan berkunjung ke Taiwan, saat ini tidak di perbolehkan sampai batas waktu yang tidak ditentukan.

Faktanya, Taiwan melarang masuknya warga asing sejak Maret lalu. Tidak berlaku bagi WNI saja. Pihak Taipei Economic and Trade Office (TETO) di Jakarta menyebutkan, untuk sementara ini tidak semua orang Indonesia bisa masuk Taiwan, kecuali bagi yang dapat visa khusus baru bisa masuk.

Hong Kong, info dari CX, WNI tidak diperbolehkan transit ataupun masuk Hongkong sampai batas waktu yang tidak ditentukan

Fakta yang ada, mengutip maskapai Cathay Pacific (CX). Jika melihat ketentuan di situs Cathay, semua orang yang bukan warga Hong Kong memang tidak boleh masuk ke wilayah tersebut. Ada beberapa pengecualian, contohnya untuk suami atau istri warga Hong Kong, serta petugas diplomatik.

Australia dan Selandia Baru, info dari Kedubes Australia dan NZ Jkt, saat ini WNI Indonesia belum bisa berkunjung ke Australia & NZ sampai batas waktu yang tidak ditentukan.

Yang benar, situs pemerintah Australia menyatakan saat ini hanya warga Australia yang boleh masuk ke Australia. Ada pengecualian bagi anggota keluarga dari warga Australia dan warga Selandia Baru.

Selandia Baru pun memiliki kebijakan serupa meski negara itu sudah selesai lockdown dan berhasil meredam Virus Corona jenis baru ini.

Sebelumnya, dua bulan lalu juga beredar daftar negara yang disebut-sebut melarang kedatangan WNI, juga warga negara lainnya. Kebijakan tersebut diambil terkait pencegahan penyebaran virus corona, termasuk perizinan masuk ke negaranya. Sejumlah negara menutup akses mereka untuk warga negara asing, tak terkecuali untuk Indonesia, yang juga terjangkit virus corona.

Hingga Jumat, 20 Maret 2020, terdapat 166 negara dan wilayah yang terjangkit virus corona. Karena itu, Kementerian Luar Negeri (Kemenlu) RI mengimbau WNI membatasi perjalanan ke luar negeri, kecuali ada kepentingan sangat mendesak. Bagi yang tengah bepergian ke luar negeri, Kemenlu mengimbau segera kembali ke Indonesia, sebelum mengalami kesulitan penerbangan lebih lanjut. ***

 

Check Also

Bank QNB Indonesia (BKSW) Raih Pinjaman Rp 1 Triliun Dari Bank BCA (BBCA)

EmitenNews.com- PT Bank QNB Indonesia Tbk (BKSW) menyatakan pada tangga 3 Juni 2020 mendapat pinjaman …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

%d bloggers like this: