#
Ilustrasi: Mulai 20 Mei 2019 Pertamina mengoperasikan tiga SPBU, pada KM 360 (arah barat), KM 379 (arah timur) dan KM 389 (arah barat) di jalur tol Trans Jawa. (Dok. Pertamina).

Para Pemudik Lebaran 2019 Tak Perlu Cemas Kehabisan BBM di Jalur Tol Trans Jawa
Mulai 20 Mei 2019 Pertamina mengoperasikan tiga SPBU, pada KM 360 (arah barat), KM 379 (arah timur) dan KM 389 (arah barat)

EmitenNews.com – Para pemudik Lebaran 2019 tidak perlu cemas kehabisan bahan bakar minyak (BBM) untuk kendaraannya saat melintasi jalur Tol Trans Jawa. Mulai 20 Mei 2019, PT Pertamina (Persero) Tbk mengoperasikan tiga Stasiun Pengisian Bahan Bakar untuk Umum ( SPBU). Yaitu, pada KM 360 (arah barat), KM 379 (arah timur) dan KM 389 (arah barat).

Dalam peninjauan lapangan Selasa (14/5/2019), Direktur Keuangan Pertamina Pahala N Mansury mengungkapkan, tiga SPBU baru itu ada dalam area layanan Pertamina Marketing Operation Region (MOR) IV. Itu meliputi wilayah Jawa Bagian Tengah antara KM 228 hingga KM 575.

Dalam peninjauan untuk memastikan kesiapan layanan Pertamina MOR IV menghadapi Lebaran 2019 baik arus mudik dan arus balik itu, Pahala berdialog secara acak dengan sopir pengangkut BBM di wilayah MOR IV yang meliputi Jawa Tengah dan DI Yogyakarta. Dari situ Pertamina ingin memastikan prosedur keamanan dan keselamatan pengisian tangki dan akurasi pengisian BBM ke dalam tangki sebelum didistribusikan.

“Sistem manual yang sudah ditinggalkan diganti dengan sistem otomatis mempercepat waktu pengisian. Efiensinsi dan akurasi pengisian BBM lebih tinggi juga,” ujar Pahala.

Pertamina mencatat, untuk arus mudik dan balik selama liburan Idul Fitri 1440 Hijriah, konsumsi BBM di MOR IV yang dilalui mayoritas pemudik akan meningkat sekitar 30 persen. Peningkatan tertinggi diperkirakan terjadi H-1 sekitar 60 persen.

Untuk memastikan kebutuhan pemudik akan bahan bakar lancar, selain menambah 3 SPBU sehingga menjadi 6 SPBU, MOR IV juga mengoperasikan beberapa mobil tangki di sejumlah titik atau di rest area yang tidak ada SPBU. Rinciannya, MOR IV Pertamina akan menyiapkan 4 titik mobile dispenser, 2 titik kemasan, 2 titik SPBU modular, dan 7 titik modular kompak.

MOR IV menyatakan sanggup melayani dan posisi ketersediaan BBM aman, termasuk untuk adanya kenaikan konsumsi sampai 30 persen itu. Adapun kenaikan konsumsi BBM rata-rata selama Ramadan mencapai 24 persen atau dari 10.355 Kiloliter (KL) menjadi 12.891 KL per hari.

Untuk Pertamax diprediksi naik sebanyak 38 persen, begitu juga produk Pertalite yang akan naik 13 persen dari rata-rata penyaluran harian normal. Untuk produk Gasoil (biosolar dan dex series) diprediksi menurun sebanyak 12 persen dari harian normal sebanyak 5.404 KL menjadi 4.737 KL. ***

 

Check Also

Lunasi Utang Anak Usaha, PT Mahkota Group (MGRO) Pinjam Rp200 Miliar ke Bank UOB

EmitenNews.com – PT Mahkota Group Tbk (MGRO) telah menandatangani akta jaminan perusahaan untuk menjamin pelunasan …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *