#
Suasana main hall gedung Bursa Efek Indonesia (BEI). Foto: EmitenNews

Pasar Lawan Tradisi Sell on May and Go Away

Emitennews – Indeks harga saham gabungan (IHSG) awal pekan berpotensi positif. Pasar saham Indonesia berusaha melawan tradisi ‘Sell on May and Go Away’ karena jelang tutup sesi pertama perdagangan hari ini pasar saham kembali menguat.

Sekitar 30 menit jelang penutupan sesi pertama perdagangan hari ini (08/05) IHSG tercatat masih menguat 39,88 poin (0,70 persen) ke level 5.723,26. IHSG menguat seiring berbagai indikator yang ada.

IHSG berupaya memerbaiki catatan pekan kemarin setelah ditutup di level 5.683,38 atau menipis 0,03 persen dibandingkan pekan sebelumnya. Padahal investor asing mencatatkan pembelian bersih sebesar Rp 1,55 triliun.

Meski begitu pada sepanjang pekan kemarin secara kumulatif  rata-rata volume transaksi perdagangan saham harian IHSG naik 23,06 persen menjadi 12,54 miliar saham dibandingkan 10,19 miliar saham pada sepekan sebelumnya. Rata-rata frekuensi transaksi perdagangan saham harian juga naik 14,02 persen menjadi 337,64 ribu kali transaksi dibandingkan 296,11 ribu kali transaksi pada pekan sebelumnya.

Sebaliknya rata-rata nilai transaksi perdagangan saham harian pada pekan lalu mengalami penurunan 2,98 persen menjadi Rp 8,78 triliun dari Rp 9,05 triliun pada pekan sebelumnya. Nilai kapitalisasi pasar IHSG juga turun 0,03 persen menjadi Rp 6.187,92 triliun dari Rp 6.189,63 triliun.

Potensi penguatan IHSG awal pekan tidak lepas dari kondusifnya sentiment global. Analis Reliance Securities, Rio Adrianus, memaparkan dari Amerika Serikat (AS), Data ketenagakerjaan kembali menguat dimana angka non-farm payroll berhasil tumbuh di atas estimasi.

”Unemployment rate juga turun  ke level 4,4 persen, atau  merupakan yang terendah sejak Mei 2007,” ungkapnya, hari ini (08/05).

Maka tidak heran jika bursa saham AS melejit. Wall Street menghijau dan terus menyentuh level positif terlebih kinerja emiten unggulan seperti Apple juga mencatatkan kinerja baik.

Pada akhir pekan kemarin indeks S&P 500 naik 0,41 persen, indeks Dow Jones Industrial naik 0,26 persen, dan indeks Nasdaq naik 0,42 persen.

Dari Perancis, Emmanuel Macron dinyatakan sebagai pemenang dalam pemilihan presiden putaran kedua negeri fashion itu. Momen itu langsung disambut dengan penguatan mata uang Euro sebab Macron dikenal sebagai tokoh pro Uni Eropa.

”Di Tiongkok, kebijakan pengetatan capital outflows sejauh ini tampak efektif dengan nilai tukar Yuan yang stabil dan cadangan devisa yang naik hingga bulan April,” terusnya.

Dari dalam negeri, JP Morgan memerkirakan pertumbuhan Produk Domestik Bruto (PDB) di  tahun ini sebesar 5,1 persen. Data PDB kuartal-I 2017 yang dirilis akhir pekan lalu tercatat 5,01 persen Year on Year (YoY).

Hari ini dijadwalkan aka nada rilis terkait cadangan devisa. Sementara itu, imbal hasil (yield) sejumlah obligasi benchmark menguat pada akhir pekan kemarin setelah angka PDB kuartal 1-2017 ternyata di bawah ekspektasi.

”Namun masih positifnya kondisi global diharapkan dapat mengembalikan kepercayaan investor,  terutama asing yang masih mencatatkan pembelian bersih,” imbuhnya.

Berbagai factor tersebut diharapkan menjadi modal kuat bagi pasar saham melawan tradisi yang disebut Sell on May and Go Away. Istilah yang berasal dari pasar saham AS itu memang kerap muncul memasuki bulan Mei yang disebut-sebut fase awal tren turun pasar saham.

Pada Mei, menurut tradisi itu, investor menarik dana. Untuk keperluan liburan musim panas, liburan sekolah, atau di Indonesia untuk biaya sekolah tahun ajaran baru dan libur hari raya.

Selain itu juga dimanfaatkan sebagai momen menata ulang portofolio, setidaknya sampai September. Maka fase Mei sampai September sering disebut fase tren negatif pasar dan baru kemudian menguat lagi mulai Oktober sampai Maret.

Check Also

IHSG Naik 0,41 Persen Meski Net Sell Rp1 Triliun. Saham BBCA dan HMSP Yang Terbesar Dijual Asing Pada Perdagangan Jumat (27/11)

EmitenNews.com – Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) di BEI hingga penutupan perdagangan saham Jumat (27/11) …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

%d bloggers like this: