#
(Dok. PT KAI).

Pefindo Turunkan Peringkat PT KAI Jadi Negatif

EmitenNews.com- PT Pemeringkat Efek Indonesia (Pefindo) telah menurunkan peringkat PT Kereta Api Indonesia (Persero) dari “idAAA” (triple A) menjadi “idAA+” dengan prospek tetap di negatif.

Analis Pefindo, Yogie Surya Perdana mengjelaskan bahwa peringkat yang disematkan berlaku untuk perusahaan, Obligasi I Tahun 2017, dan Obligasi II Tahun 2019 menjadi “idAA+” dari “idAAA.

“Penurunan peringkat mencerminkan pandangan kami bahwa profil kredit KAI akan tetap berada di bawah tekanan yang cukup besar selama beberapa kuartal ke depan, karena lingkungan operasi yang sulit di transportasi kereta api yang disebabkan oleh Covid-19,” katanya, yang dikutip dalam risetnya, Rabu (16/9).

Pefindo menilai, obligor dengan peringkat idAA memiliki sedikit perbedaan dengan peringkat tertinggi yang diberikan, dan memiliki kemampuan yang sangat kuat untuk memenuhi komitmen keuangan jangka panjangnya dibandingkan terhadap obligor Indonesia lainnya. Tanda tambah (+) menunjukkan bahwa peringkat yang diberikan relatif kuat dan di atas rata-rata kategori yang bersangkutan.

Dalam riset tersebut, Analis Pefindo Umar Hareddy juga menambahkan, “Prospek dari peringkat perusahaan dipertahankan pada “negatif” untuk mencerminkan ketidakpastian yang tinggi tentang besaran, durasi, dan dampak keseluruhan Covid-19 pada profil kredit KAI,” imbuh Umar.

Check Also

Pemerintah Sedang Bahas Beberapa Usulan Baru untuk Perluasan Program PEN
"Ada program perluasan Subsidi Upah untuk Guru Honorer, Perluasan Banpres Produktif dari Rp9 juta menjadi Rp15 juta, Beli Produk UMKM, dan Voucher Pariwisata," ujar Airlangga Hartarto

EmitenNews.com – Pemerintah sedang membahas beberapa usulan baru untuk perluasan program Pemulihan Ekonomi Nasional (PEN). …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

%d bloggers like this: