#
Presiden Joko Widodo saat membacakan Nota Keuangan RAPBN 2020, di Gedung Parlemen, Senayan, Jakarta, Jumat (16/8/2019). (Dok. Setkab.go.id).

Pemerintah Siapkan Anggaran untuk Pengembangan SDM Songsong Indonesia Negara Maju
Presiden Joko Widodo: Kita bangun generasi bertalenta yang berkarakter dan mampu beradaptasi dengan perkembangan teknologi

EmitenNews.com – Pemerintah siap gelontorkan dana untuk pengembangan sumber daya manusia pada tahun anggaran 2020. Presiden Joko Widodo menegaskan, tema kebijakan APBN 2020 berpusat pada peningkatan kualitas SDM. Fokus pengembangannya, terutama demi modal ekonomi berbasis digital. Inilah tahun-tahun penting, 2020-2024 Indonesia jadi negara maju.

“Saya yakin dengan fokus pada peningkatan kualitas SDM, Indonesia dapat segera mewujudkan visinya menjadi negara maju. Dengan tekad tersebut, tema kebijakan fiskal tahun 2020 adalah ‘APBN untuk Akselerasi Daya Saing melalui Inovasi dan Penguatan Kualitas Sumber Daya Manusia,” ujar Presiden Jokowi saat membacakan Nota Keuangan di Gedung Parlemen, Senayan, Jakarta, Jumat (16/8/2019).

Di hadapan anggota MPR, DPR, DPD RI, Jokowi menjelaskan tidak ingin bonus demografi yang terjadi di Indonesia menjadi sia-sia. Pasalnya, Indonesia sudah memasuki tahun-tahun penting untuk menjadi negara maju, yakni 2020-2024.

Presiden ingin SDM Indonesia menjadi penopang ekonomi negara ketimbang Sumber Daya Alam (SDA), sekaligus menjadi SDM yang berideologi Pancasila. Menunjang pengembangan kualitas SDM sangat penting.

Ketika melihat ekonomi-ekonomi negara lain sedang melambat, Jokowi percaya SDM bisa menjadi pembuka jalan menuju pertumbuhan ekonomi. Ia menyebut Indonesia harus bisa menemukan peluang di tengah tren perlambatan ekonomi global.

Pemerintah menjanjikan, anggaran akan ada untuk berbagai program pembangunan SDM. Itu diharapkan meningkatkan kemampuan sebagian besar penduduk Indonesia yang masih muda agar bisa bersaing di tingkat global. Pemerintah menyiapkan berbagai program SDM untuk memastikan bonus demografi menjadi bonus lompatan kemajuan.

“Kita bangun generasi bertalenta yang berkarakter dan mampu beradaptasi dengan perkembangan teknologi,” ujar Jokowi. ***

 

Check Also

Kementerian BUMN: Holding BUMN Farmasi Rampung Oktober 2019

EmitenNews.com – Deputi Bidang Usaha Agro dan Farmasi Kementerian BUMN Wahyu Kuncoro mengatakan, proses pembentukan …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *