#
Pemerintah menetapkan 1 Syawal 1441 Hijriah, Ahad (24/5/2020). Menteri Agama Fachrul Razi mengumumkan Hari Raya Idul Fitri 2020 itu, setelah menggelar sidang isbat, Jumat (22/5/2020) petang. Dua ormas Islam dengan massa terbesar; Nahdlatul Ulama dan Muhammadiyah juga sepakat, tak ada perbedaan dengan pemerintah. (Dok. Tribunnews).

Pemerintah Tetapkan Hari Raya Idul Fitri 2020 Jatuh Pada Minggu (24/5/2020)
Dua ormas Islam dengan massa terbesar; Nahdlatul Ulama dan Muhammadiyah juga sepakat, tak ada perbedaan dengan pemerintah

EmitenNews.com – Pemerintah menetapkan 1 Syawal 1441 Hijriah, Ahad (24/5/2020). Menteri Agama Fachrul Razi mengumumkan Hari Raya Idul Fitri 2020 itu, setelah menggelar hasil sidang Isbat, Jumat (22/5/2020) petang. Dua ormas Islam dengan massa terbesar; Nahdlatul Ulama dan Muhammadiyah juga sepakat, tak ada perbedaan dengan pemerintah.

“Sidang Isbat secara bulat menyatakan, 1 Syawal 1441 Hijriah jatuh pada hari Ahad atau Minggu, 24 Maret 2020,” kata Menag Fachrul Razi.

Pemerintah melalui Kementerian Agama menggelar sidang Isbat bersama sejumlah ulama, organisasi Islam, dan pemangku kepentingan. Sidang isbat dilakukan dengan mempertimbangkan dua hal. Yaitu, hasil hisab (berdasarkan perhitungan astronomi) dan rukyatul hilal atau pengamatan hilal/bulan baru.

“Ini bukanlah dua metode yang saling berhadapan atau dibenturkan, keduanya sama pentingnya. Pemerintah sejak dulu menggunakan dua metode tersebut, jadi saling melengkapi satu dengan yang lain,” kata Fachrul Rgazi.

Dalam sidang Isbat dengan jumlah peserta dibatasi mempertimbangkan pandemi covid-19 itu, menyimpulkan ketinggian hilal masih di bawah ufuk. Berdasarkan kesaksian sejumlah pihak, Fachrul Razi menyebutkan, ketinggian hilal di seluruh Indonesia bawah ufuk antara minus 5 derajat 17 menit sampai minus 3 derajat 58 menit.

Rukyatul hilal dilakukan pada 80 titik pengamatan dari berbagai penjuru wilayah Indonesia. Hasilnya, kata Menag, juga mengonfirmasi perhitungan hisab. Intinya, hisab telah dikonfirmasi pada 80 titik di 34 provinsi atau seluruh provinsi di Indonesia. “Dari 80 titik semua melaporkan tidak melihat hilal.”

Pelaksanaan siding Isbat tahun ini berbeda dari sebelumnya. Pasalnya, diselenggarakan dengan menggunakan protokol kesehatan akibat pandemi Covid-19 yang masih terjadi di Tanah Air.

“Sesuai protokol kesehatan, undangan untuk menghadiri sidang dibatasi hanya dihadiri Menag dan Wamenag, Majelis Ulama Indonesia, serta Komisi VIII DPR,” kata Direktur Urusan Agama Islam dan Pembinaan Syariah, Direktorat Jenderal Bimas Islam Agus Salim.

Tahapan sidang Isbat terbagi atas sejumlah sesi. Pertama, yang dimulai pukul 17.00 WIB, disampaikan pemaparan posisi hilal awal Syawal 1441 Hijriah oleh anggota Falakiyah Kemenag Cecep Nurwendaya. Setelah maghrib, sidang dibuka Menteri Agama Fachrul Razi, dilanjutkan laporan data hisab dan hasil rukyatul hilal dari 80 titik di seluruh Indonesia.

Sementara itu PP Muhammadiyah telah menetapkan Lebaran 2020 atau 1 Syawal 1441 Hijriah jatuh pada Minggu (24/5/2020). Berdasarkan rilis Muhammadiyah tentang hasil hisab Ramadhan, Syawal, Zulhijah 1441 Hijriah atau tahun 2020 Masehi itu, disampaikan lewat akun twitter resmi Muhammadiyah beberapa waktu lalu. Penetapan itu ditandatangani Ketum PP Muhammadiyah Haedar Nashir dan Sekretaris Agung Danarto.

Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (PBNU) juga menetapkan Idul Fitri 1441 Hijriah jatuh pada 24 Mei 2020. Keputusan itu diambil didasarkan atas laporan pemantauan hilal oleh tim Lembaga Falakiyah PBNU.

“Atas dasar tersebut dengan ini PBNU mengikhbarkan, ibadah puasa Ramadhan tahun 1441 H istikmal 30 hari dan awal bulan syawla 1441 H jatuh pada hari Ahad 24 Mei 2020,” kata Ketum PBNU Said Aqil Siradj yang disiarkan di akun YouTube NU, Jumat (22/5/2020). ***

 

Check Also

Karena Pandemi Covid-19, Pemerintah Putuskan Tidak ada Pemberangkatan Jemaah Haji 2020
Bagi calon Jemaah haji yang telah melunasi ongkos perjalanannya, akan diberangkatkan pada 2021. Jika ada yang membutuhkan Bipih yang sudah disetor, silakan diambil

EmitenNews.com – Tidak ada pemberangkatan Jemaah Haji 2020. Pemerintah memutuskan tidak memberangkatkan calon jemaah haji …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

%d bloggers like this: