#
Dirut BEI Tito Sulistio (dua dari kiri) dan jajaran direksi BEI lainnya saat jumpa pers sistem informasi datafeed yang terganggu di Main Hall BEI, Senin (10 Juli 2017). Foto: EN

Pemulihan, Sesi I Perdagangan Saham Efektif Jadi 2 Jam

EmitenNews – Mulai jam 10:00 WIB sistem perdagangan di Bursa Efek Indonesia (BEI) kembali normal. Secara efektif maka sesi pertama Indeks harga saham gabungan (IHSG) berlangsung selama 2 jam saja sampai jam 12:00 WIB.

Demikian pengumuman dari BEI menanggapi gangguan (error) yang terjadi sejak sesi pembukaan. ”Terkait dengan langkah pemulihan layanan maka BEI memutuskan untuk melakukan trading normal dan akan melanjutkan perdagangan hari ini pada jam 10:00 WIB secara normal,” pengumuman resmi BEI, jam 10:20 hari ini (10/07).

Operasional perdagangan berjalan normal di Main Site. Selain itu tidak ada perubahan jadwal perdagangan selain pengurangan di sesi pertama pagi saja. Sesi I berlangsung jam 10:00 sampai jam 12:00.

Sesi II akan berlangsung mulai 13:30 sampai 15:50. Pre closing jam 15:50 – 16:00 dan pembentukan harga jam 16:00 – 16:05 dilanjutkan Post trading jam 16:05 – 16:15.

Sebelumnya BEI memutuskan membekukan (freeze) perdagangan saham pagi ini (10/07). Sistem transaksi pasar saham Indonesia mengalami gangguan (error) sejak dimulainya pergerakan Indeks harga saham gabungan (IHSG) awal pekan ini.

”Sehubungan dengan terjadinya permasalahan teknis pada sistem penyebaran informasi pasar maka BEI memutuskan melakukan penghentian sementara perdagangan (freeze) atas seluruh Efek bersifat ekuitas dan derivative yang diperdagangkan di bursa,” bunyi pengumuman resmi BEI ditandatangani Direktur Utama BEI, Tito Sulistio, pagi ini.

Freeze pasar diberlakukan terhitung sejak jam 09:34 waktu JATS sampai jam 10:00 waktu JATS. BEI mencatat bahwa gangguan sudah terjadi sejak jam 08:52 WIB. Disimpulkan bahwa terdapat gangguan teknis pada penyebaran informasi dari Datafeed.

”Sebagai upaya untuk memulihkan layanan kepada Anggota Bursa dan partisipan, BEI saat ini telah melakukan upaya perbaikan dan akan menginformasikan lebih lanjut terkait acuan informasi perdagangan,” terusnya.

Atas errornya sistem penyampaian informasi data dari BEI itu perusahaan sekuritas Anggota Bursa terlihat sudah menyampaikan informasi terkait kepada para nasabah. ”Diinformasikan bahwa saat ini datafeed dari bursa sedang ada masalah, pihak bursa sedang mengupayakan perbaikannya,” begitu pengumuman dari Trimegah Sekuritas.

BEI akan menginformasikan persoalan ini lebih detil sesaat lagi.

Check Also

Masih ada Waktu bagi Pelaku UMKM Terdampak Covid-19 untuk Peroleh BLT Rp2,4 Juta
Bagi pelaku UMKM yang berminat, dipersilakan mendaftar melalui Dinas Koperasi dan UMKM daerah sesuai domisili. Di beberapa wilayah, ada juga yang membuka pendaftaran online

EmitenNews.com – Pelaku Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) bergembiralah. Pemerintah memperpanjang program Bantuan Langsung …

%d bloggers like this: