#
Foto: GEMS

Penuhi free float, PT Golden Energy Mines (GEMS) Akan Rights Issue 5 Persen Saham

EmitenNews.com – PT Golden Energy Mines Tbk (GEMS) berniat akan melakukan penambahan modal dengan hak memesan efek terlebih dahulu (HMETD) alias rights issue guna memenuhi peraturan free float atau menambah saham beredar di pasar.

Dalam prospektus yang disampaikan ke BEI hari ini Rabu (12/2) di paparkan, GEMS berniat menggelar rights issue ini pada akhir semester I tahun 2020 atau berdasarkan ketentuan Peraturan Otoritas Jasa Keuangan (OJK). Pelaksanaan penambahan modal dengan hak memesan efek terlebih dahulu ini harus mendapatkan pernyataan efektif dari OJK dalam jangka waktu tidak lebih dari 12 bulan sejak tanggal persetujuan RUPSLB yang rencananya akan digelar pada 5 Maret 2020.

Emiten Grup Sinarmas ini berniat melepas saham baru sebanyak-banyaknya 294,12 juta saham atau 5 persen dari modal disetor pada saat pengumuman rapat umum pemegang saham luar biasa (RUPSLB). Saat ini saham GEMS masih dalam suspensi oleh Bursa Efek Indonesia pada harga Rp 2.550 per saham..

Setelah rights issue, kepemilikan pemegang saham yang tidak menggunakan haknya untuk melaksanakan HMETD akan terdilusi maksimal 4,62 persen. Per 31 Januari 2020, pemegang saham terbesar GEMS adalah Golden Energy and Resources Limited sebesr 67 persen. GMR Coal Resources Pte LTd menggenggam 30 persen saham GEMS. Sedangkan masyarakat dengan kepemilikan kurang dari 5 persen tercatat hanya 3 persen.

Check Also

Indo Tambangraya Megah (ITMG) Bagi Dividen Rp570 Per Saham. Ini Jadwal Pembagiannya

EmitenNews.com – PT Indo Tambangraya Megah Tbk (ITMG) bagikan dividen final tahun buku 2019 sebesar …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

%d bloggers like this: