Penuhi Kebutuhan DMO, PT Indo Tambangraya Megah (ITMG) Berencana Transfer Kuota Dengan Mitra Terkait

Marco

Berita Emiten Tuesday, 4th September 2018 1:00:08 PM • 3 weeks ago


EmitenNews – PT Indo Tambangraya Megah Tbk (ITMG) tengah melakukan diskusi dengan mitra terkait soal rencana pemenuhan kebutuhan dalam negeri (DMO) batubara. Adapun mekanisme yang sedang dinegosiasikan adalah kemungkinan tansfer kuota batubara.

Manajemen ITMG dalam keterangannya ke BEI Selasa (4/9) menjelaskan, perseroan mengestimasikan pada kuartal IV 2018 atau paling lambat kuartal I 2019 akan dilakukan evaluasi terhadap pemenuhan kewajiban DMO, bersamaan dengan telah difinalisasikan rencana tersebut.

Kewajiban DMO yang telah dijalankan oleh perseroan sampai dengan semester pertama tahun ini sekitar 11%. Saat ini, masih terdapat kekurangan sekitar 14% dari kewajiban yang ditetapkan oleh pemerintah.

Menyoal permintaan dari China, perseroan masih optimiistis dengan potensi permintaan tersebut karena jumlah permintaannya sangat besar. Untuk memenuhi kebutuhan internal, China hanya mengimpor 5% dari total batubara yang dikonsumsi.

“Jadi, kami masih melihat adanya potensi permintaan dari China terlepas adanya informasi mengenai penurunan untuk konsumsi batubara tersebut,” tuturnya.

Sejalan dengan pertumbuhan ekonomi China, secara persentase penggunaan batubara pada pembangkit listrik di China akan menurun, tetapi secara absolute amount bakal naik.

Hingga akhir tahun ini, perseroan optimistis dapat menjual 100% batubara. Keoptimisan tersebut didukung dengan pasar baru ke Vietnam di mana penjualan pertama sebanyak 700.000 ton yang sudah dibukukan pada kinerja kuartal II 2018.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *