Pertamina Jamin Pasokan BBM Sesuai Perpres

Ketersediaan BBM di Sejumlah SPBU Terus Dipantau

andi baco

Ekonomi Update, Energi Friday, 6th April 2018 1:34:51 PM • 1 month ago


EmitenNews – PT Pertamina Persero menegaskan pasokan BBM Beroktan 88 aman dan disalurkan sesuai peraturan presiden. Hal ini menanggapi maraknya informasi mengenai minimnya pasokan BBM di sejumlah daerah.

Vice Presiden Corporate Communication PT Pertamina Persero  Adiatma Sardjito, mengatakan sebagai perusahaan yang dimiliki oleh negara, penyaluran BBM jenuis premium maupun solar sesuai dengan Peraturan Presiden Nomor 191/2014. Hal ini merespons selentingan yang beredar bahwa Pertamina mengurangi kuota penyaluran BBM.

Guna memastikan ketersediaan pasokan BBM di stasiun pengisian bahan bakar umum (SPBU) pihaknya melakukan monitoring secara berkala agar ketika terjadi kekurangan stok.

“kami juga melaksanakan semua arahan dari pemerintah supaya tidak terjadi kelangkaan atau kekurangan di suatu daerah, kami mengupayakan agar semua SPBU tetap menyediakan BBM sesuai yang diintruksikan dalam perpres tersebut,” ucap Adiatma Sardjito di Jakarta (6/4).

Sementara itu terkait kelangkaan premium di sejumlah SPBU, Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) beberapa waktu telah melayangkan surat kepada Pertamina agar tidak mengurangi jatah kuota premium yang ditetapkan tahun ini.

Berdasarkan data BPH Migas wilayah Jawa Madura dan Bali. Per Januari hingga Maret 2018 tercatat penyaluran BBM sebesar 774 ribu Kilo Liter, turun 50 persen dibanding posisi yang sama tahun lalu yang mencapai 1,54 juta Kilo Liter.

Sementara penyaluran di luar Jawa dan Bali terpangkas 35 persen dengan total penyaluran 1,32 juta Kilo Liter. Jauh dibanding penyaluran di periode sama di 2017 yang mencapai 2,03 juta Kilo Liter.

Kuota Premium yang diberikan Pemerintah kepada Pertamina tahun ini hanya sebesar 7,5 juta Kilo Liter, jauh lebih rendah dibanding tahun lalu yang mencapai 12,5 juta Kilo Liter. Pemangkasan jatah ini disebabkan kuota yang diberikan sebesar 12,5 juta Kilo Liter, realisasi premium hanya mencapai 7 juta Kilo Liter.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *