#
Suasana Ground Handling di bandara Soekarno - Hatta. Foto : EN

Prediksi Penumpang Mudik Jalur Udara 6,9 Juta Orang, 60 Persen dari Soekarno Hatta

EmitenNews – Jumlah penumpang pesawat pada masa angkutan lebaran 2017 di seluruh bandara PT Angkasa Pura (AP) II (Persero) diprediksi mencapai 6,90 juta penumpang. Angka itu meningkat sekitar 4 persen dibandingkan musim mudik Idul Fitri 2016.

Pada arus mudik tahun ini atau H minus (-) 10) hingga H-1 diperkirakan jumlah penumpang mencapai 3,45 juta penumpang. Kemudian pada lebaran hari pertama (H1) dan hari kedua (H2) diperkirakan sebanyak 537.146 penumpang, dan pada arus balik atau H+1 hingga H+15 mencapai hingga 2,91 juta penumpang.

Khusus di Bandara Internasional Soekarno-Hatta yang merupakan bandara tersibuk di bawah pengelolaan AP II, jumlah penumpang diprediksi mencapai 4,02 juta penumpang atau hampir 60 persen dari total penumpang pada masa angkutan lebaran tahun ini.

Sementara itu hingga hari ini (06/06) maskapai telah mengajukan penerbangan tambahan atau extra flight sebanyak 2.663 penerbangan untuk seluruh 13 bandara yang dikelola AP II.

”AP II siap melayani pemudik pada masa angkutan lebaran tahun ini khususnya didukung oleh media baru dalam hal pelayanan salah satunya adalah aplikasi Indonesia Airports di smartphone sehingga pemudik dapat mengetahui berbagai informasi penting sebelum melakukan perjalanan atau sesaat setelah tiba di bandara tujuan,” ucap President Director PT Angkasa Pura II, Muhammad Awaluddin, hari ini.

Pihaknya berharap kepadatan penumpang di bandara pada masa angkutan lebaran tahun ini dapat lebih terurai karena beroperasinya terminal-terminal baru khususnya Terminal 3 Bandara Internasional Soekarno-Hatta.

Beroperasinya Terminal 3 yang melayani penerbangan domestik dan luar negeri Garuda Indonesia membuat Terminal 1 dan 2 memiliki ruang lebih sehingga kepadatan dapat terurai.

”Terminal 3 juga dirancang dengan berbagai fasilitas terkini guna peningkatan pelayanan seperti kemudahan dalam mengantri taksi melalui aplikasi Indonesia Airport, jumlah musholla yang cukup banyak guna memudahkan beribadah, hingga teknologi yang memungkinkan penumpang pesawat memantau langsung penanganan bagasi dari pesawat ke baggage area serta digital cinema,” Awaluddin menuturkan.

Selain itu, menurutnya, bandara Internasional Soekarno-Hatta juga dilengkapi dengan area parkir inap yang terletak di area perkantoran dan Terminal 1. Penumpang pesawat juga dapat melakukan reservasi parkir inap melalui aplikasi Parkir Inap CGK yang dapat diunduh di Google Play Store.

Bagi pengguna transportasi publik, saat ini Bandara Internasional Soekarno-Hatta juga dilengkapi JAConnexion yang diinisiasi oleh Badan Pengelola Transportasi Jabodetabek atau BPTJ. JAConnexion adalah layanan bus premium dengan rute dari Bandara Internasional Soekarno-Hatta ke hotel-hotel serta pusat perbelanjaan, dan sebaliknya.

”JAConnexion merupakan solusi cepat yang dapat meningkatkan standar pelayanan di Bandara Internasional Soekarno-Hatta serta salah satu upaya dalam mengurangi penggunaan kendaraan pribadi ke bandara,” imbuhnya.

Di sisi udara, Terminal 3 juga mengaplikasikan sistem Video Docking Guidance System atau VDGS sehingga operasional pesawat dapat semakin maksimal khususnya terkait on time performance dalam angkutan lebaran ini.

Check Also

IHSG Naik 0,41 Persen Meski Net Sell Rp1 Triliun. Saham BBCA dan HMSP Yang Terbesar Dijual Asing Pada Perdagangan Jumat (27/11)

EmitenNews.com – Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) di BEI hingga penutupan perdagangan saham Jumat (27/11) …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

%d bloggers like this: