#
Director of Client Services and Technology Westgard QC Inc USA, Sten Westgard berfoto bersama dengan Direktur Operasi Prodia Andri Hidayat dan para Branch Manager Prodia. Di penghujung tahun 2017, lima cabang Prodia yang terdiri dari Bandung Wastukencana, Bekasi, Semarang, Malang, dan Surabaya Diponegoro berhasil lulus sertifikasi Westgard Sigma Verification Program (SVP). Prodia merupakan laboratorium klinik pertama dan satu-satunya di Indonesia yang berhasil menerima sertifikasi Westgard Sigma Verification Program (SVP).

Prodia Raih Sertifikasi ke II Westgard Sigma Verification Program dari Westgard QC Inc

Emitennews.com – PT Prodia Widyahusada Tbk (PRDA) berhasil mendapatkan sertifikasi Westgard Sigma Verification Program dari Westgard QC Inc, Amerika Serikat.  Prodia merupakan laboratorium klinik pertama dan satu-satunya di Indonesia yang berhasil menerima sertifikasi Westgard Sigma Verification Program (SVP).

Acara penyerahan sertifikat tersebut diselenggarakan di Prodia Tower dan dihadiri oleh Direktur Utama Prodia Dewi Muliaty, Direktur Operasi Prodia Andri Hidayat, Director of Client Services and Technology Westgard QC Inc Sten Westgard, dan Commercial Country Director PT Abbot Products Indonesia I Putu Edi Mahadi.

Pada tahun 2016 lalu, Prodia juga berhasil menjadi institusi pertama di dunia yang mendapatkan sertifikasi Westgard SVP untuk tiga laboratorium klinik Prodia cabang Bandung Wastukencana, Bekasi, dan Semarang. Pada tahun 2017 ini, Prodia berhasil menambah dua cabang lagi yang meraih sertifikasi Westgard SVP.

 Westgard Sigma Verification Program (SVP) menggunakan pendekatan  Six Sigma untuk memastikan hasil pemeriksaan laboratorium berkualitas tinggi sesuai dengan standar kelas dunia. Tujuan dari Westgard Sigma Verification Program ini adalah untuk mengevaluasi kinerja laboratorium klinik secara relatif terhadap sasaran mutu yang ingin dicapai oleh laboratorium. Program verifikasi ini menggunakan pendekatan ilmiah dimana data-data kendali mutu diolah sehingga evaluasi kualitas untuk mencapai sasaran mutu maupun konsistensi kualitas pelayanan laboratorium dapat dilakukan secara terukur.

 Director of Client Services and Technology Westgard QC Inc USA, Sten Westgard mengatakan Westgard SVP ini mempertegas pengakuan terhadap kemampuan laboratorium klinik yang secara konsisten melakukan penerapan quality control (QC) dengan baik, meliputi metode pemeriksaan, staff yang kompeten dan training, serta hasil pemeriksaan yang akurat. “Keikutsertaan Prodia dalam program Westgard SVP ini merupakan salah satu bukti komitmen Prodia terhadap perbaikan kualitas secara berkesinambungan. Kami ikut berbangga Prodia dapat menjadi bagian dari program global Westgard. Prodia bersama dengan laboratorium-laboratorium unggul lainnya di seluruh dunia menunjukkan tersedianya layanan pemeriksaan yang berkualitas tinggi,” kata Sten.

Direktur Utama Prodia, Dewi Muliaty menjelaskan bahwa Westgard Sigma Verification Program adalah wujud komitmen Prodia terhadap mutu dan kualitas hasil pemeriksaan. “Hasil pemeriksaan yang berkualitas tinggi, presisi dan akurat merupakan prioritas utama Prodia. Kami selalu mengedepankan mutu dan kualitas hasil pemeriksaan sesuai dengan standar internasional. Hal ini dilakukan agar kami dapat senantiasa memberikan yang terbaik bagi pelanggan Prodia,” tegas Dewi.

Di penghujung tahun 2017, lima cabang Prodia berhasil mencatatkan prestasi dengan lulus sertifikasi Westgard Sigma Verification Program. Kelima cabang Prodia tersebut adalah cabang Bandung Wastukencana, Bekasi, Semarang, Malang, dan Surabaya Diponegoro. Westgard SVP ini juga mengevaluasi sedikitnya 20 jenis pemeriksaan rutin (kimia klinik) dan pemeriksaan yang lebih kompleks (immunoassay) yang dilakukan Prodia.  Pemeriksaan-pemeriksaan tersebut memiliki Sigma di atas 4.00  yang artinya Prodia berhasil menyajikan hasil pemeriksaan laboratorium yang akurat, presisi dan dapat dipercaya.

Direktur Operasi Prodia, Andri Hidayat menyatakan bahwa melalui sertifikasi Westgard ini Prodia dapat secara konsisten memberikan kualitas hasil pemeriksaan yang terpercaya. “Konsistensi kualitas hasil pemeriksaan yang tinggi, dapat mendukung dokter atau klinisi untuk membuat diagnosa dan keputusan penanganan pasien dengan lebih tepat. Ke depannya, kami berupaya secara bertahap agar jumlah cabang Prodia yang meraih sertifikasi Westgard SVP semakin bertambah,” jelas Andri.

Selain itu, Prodia juga secara rutin mengikuti program pemantapan mutu nasional dan internasional setiap tahunnya serta terus mengevaluasi hasil dari External Quality Assesment Scheme (EQAS) untuk perbaikan berkelanjutan dan membangun sistem penjaminan mutu yang konsisten. Beberapa program pemantapan mutu nasional dan internasional yang rutin diikuti oleh Prodia diantaranya College of American Pathologists (CAP), Medical Laboratory Evaluation (MLE) in Microbiology USA, Randox International Quality Assesment Scheme (RIQAS) UK, External Quality Assurance Survey Biorad USA , The Royal College of Pathologist of Australasia, Australia, Euroimun in Autoimmune Testing Germany, dan Program Nasional Pemantapan Mutu Eksternal – Kementerian Kesehatan Republik Indonesia.

Salah satu program EQAS yang diikuti Prodia adalah Bio-Rad yang diikuti oleh 13.345 laboratorium dari lebih 110 negara di seluruh dunia. Berdasarkan program Bio-Rad EQAS, Prodia menjadi yang terbaik untuk pemeriksaan HbA1C, kimia klinik, immunoassay, dan hematologi dengan jumlah cabang sebanyak 88 cabang yang memperoleh skor tertinggi dalam program pemantapan mutu Biorad. Selain itu, berdasarkan grafik National Peer EQAS Bio-Rad, terdapat 82 cabang Prodia yang berhasil mendapatkan Best National Performance Score dari total 123 laboratorium klinik di Indonesia yang mengikuti EQAS Bio-Rad.

Beberapa waktu lalu, Prodia juga berhasil memperoleh beberapa penghargaan diantaranya Top 50 of Mid-Market Capitalization Public Listed Companies dari Indonesia Institute for Corporate Directorship (IICD), 2017 Indonesia Laboratory Services Company of The Year dari Frost & Sullivan, Indonesia Customer Satisfaction Awards 2017 dan The Best Industry Marketing Champion 2017 untuk kategori Healthcar

Check Also

PT SMI Tbk (LUCK) Fundamental Perseroan Semakin Kuat dan Kokoh

Emitennews – Teddy Pohan Direktur PT. Sentral Mitra Informatika (SMI) Tbk. (Kiri), Christine Direktur PT. …

%d bloggers like this: