Proses Bisnis Kian Berkembang, KPEI Luncurkan Portal Khusus Anggota Kliring dan Partisipan

RS gen

Regulator Update, Self Regulatory Organizations (SRO) Friday, 16th November 2018 8:08:28 AM • 4 weeks ago


EmitenNews– PT Kliring Penjaminan Efek Indonesia (KPEI) mulai mengimplementasikan proses otomasi data bagi Anggota Kliring (AK) dan Partisipan mulai awal November 2018. Sebelumnya, selama sebulan atau sejak 1 Oktober hingga 31 Oktober 2018, proses sosialisasi dan edukasi terkait fasilitas baru itu telah dijalankan.

Proses otomasi secara digital itu mengakomodasi proses pengelolaan data, penyediaan layanan keanggotaan dan pengiriman informasi data. Sebanyak 105 AK KPEI yang merupakan Perusahaan Efek (PE) wajib melaporkan segala perubahan data Perusahaan dan Laporan Keuangan melalui aplikasi Portal AK dan Partisipan. Termasuk perubahan susunan pengurus (manajemen) dan anggaran dasar Perusahaan.

”Sebagai Lembaga Kliring dan Penjaminan di pasar modal Indonesia, KPEI wajib mengenal seluruh anggotanya, salah satunya dari aspek KYC (Know Your Customer). Itu penting karena setiap penyelesaian transaksi bursa yang dilakukan AK dijamin oleh KPEI. Jangan sampai risiko itu ke KPEI duluan. Jadi (pemberlakuan Portal AK dan Partisipan) ini tindakan preventif,” Kepala Divisi Hukum dan Keanggotaan KPEI, Antonius Herman Azwar, mengungkapkan saat sesi wawancara di kantor KPEI, gedung Bursa Efek Indonesia (BEI), Jakarta, awal November 2018.

Maka, kata pria yang akrab disapa Anton itu, pengkinian data dan pelaporan oleh AK dan Partisipan harus terus dilakukan. KPEI sebagai salah satu Self Regulatory Organizations (SRO) di pasar modal Indonesia bertugas untuk memastikan hal itu terus berjalan.

”Jadi setiap perubahan apapun, termasuk update penggantian Direksi (AK dan Partisipan) dan seterusnya (termasuk laporan keuangan) harus diupdate,” tegasnya. Sejauh ini, pengkinian data AK dan Partisipan KPEI memang sudah berjalan namun dilakukan secara manual, sekali dalam setahun. Sehingga updatedata tidak terjadi secara realtime.

Terlebih proses bisnis KPEI kian hari kian berkembang baik dari sisi layanan maupun instrumen produknya. Semakin banyak yang harus ditangani. Ditambah lagi dengan perluasan keanggotaannya di masa mendatang. ”Sekarang baru PE yang jadi AK. Ke depan ada bank yang jadi AK. Lalu ada transaksi non bursa (Over the Counter-OTC) dan lainnya,” Anton memaparkan.

Selama proses sosialisasi berlangsung, KPEI juga memberikan edukasi sekaligus menyerahkan akses sistem ke semua pihak terkait. Secara teknis, aksesnya melalui website KPEI namun tersedia juga jalur khusus dengan security system yang canggih.

Berita Terkait: KPEI: Saham ESOP dan MSOP Sebaiknya Dioptimalkan Melalui Transaksi PME

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *