#

PT Bukit Asam Tbk (PTBA) Hentikan Eksplorasi Selama 6 Bulan Kedepan, Ini Penyebabnya

EmitenNews.com – PT Bukit Asam Tbk (PTBA) memutuskan untuk tidak melakukan kegiatan eksplorasi hingga enam bulan kedepan yaitu sampai Maret 2020.

Hal tersebut diungkapkan Sekretaris Perusahaan PT Bukit Asam Tbk Suherman dalam keterbukaan informasi Bursa Efek Indonesia (BEI) Rabu (11/9).

“Perseroan tidak melakukan aktivitas eksplorasi untuk penambahan sumber daya di luar area yang telah memperoleh izin eksploitasi,” ucapnya.

Sebelumnya, perseroan sempat menjelaskan perusahaan akan terus melakukan strategi produksi yang mempertahankan laba di tengah tren harga batubara yang turun, yaitu dengan tetap akan memproduksi batubara berkalori tinggi alias high calorie value (HCV), namun akan mengurangi penjualan apabila belum ada kontrak jangka panjang.

Disamping itu, perseroan juga memprioritaskan peningkatan penjualan ke domestik, sebab mereka melihat pasar ini lebih menguntungkan.

Sebagai informasi, sepanjang semester pertama tahun ini perseroan hanya mencatatkan pertumbuhan pendapatan 0,95 persen menjadi Rp 10,63 triliun. Sedangkan di semester I 2019 pendapatan PTBA tercatat Rp 10,53 triliun.

Sehingga, laba bersih juga ikut turunmenjadi sebesarr Rp 2,16 triliun. angka tetrsebut anjlok sebesar 16,28 persen dibanding laba bersih di semester I-2018, yang mencapai Rp 2,58 triliun.

Padahal volume penjualan PTBA tumbuh 9,6 persen menjadi 13,4 juta ton sedangkan di periode yang sama tahun lalu hanya 12,22 juta ton. (Romys)

Check Also

Pasca IPO, PT Diamond Food Indonesia (DMND) Optimis Kinerja Tumbuh 25 Persen di 2020

EmitenNews.com – Perusahaan di industri consumer goods, PT Diamond Food Indonesia Tbk (DMND) menargetkan pertumbuhan …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

%d bloggers like this: