#

Revisi UU OJK Diperlukan Sebagai Bagian dari Proses Reformasi Lembaga Keuangan Nonbank
Reformasi lembaga keuangan dilakukan terakhir kali pada 2000-2005 untuk menyesuaikan kondisi keuangan pascakrisis ekonomi 1997-1998

EmitenNews.com – Ini buntut terkuaknya skandal PT Asuransi Jiwasraya. Presiden Joko Widodo membuka peluang revisi terhadap Undang-Undang (UU) Nomor 21 Tahun 2011 tentang Otoritas Jasa Keuangan (OJK). Perubahan UU yang sebelumnya menggeser tugas dan fungsi Badan Pengawas Pasar Modal dan Lembaga Keuangan (Bapepam-LK) kepada OJK itu, diperlukan sebagai bagian dari proses reformasi lembaga keuangan nonbank (LKNB).

“Bisa saja UU-nya juga direvisi karena UU Otoritas Jasa Keuangan itu sejak 2011 sebelumnya Bapepam,” kata Presiden Jokowi kepada wartawan, di Istana Merdeka, Jakarta, Jumat (17/1/2020).

Dari informasi yang dikumpulkan Sabtu (18/1/2020), Presiden menyampaikan reformasi diperlukan lantaran sudah lama tidak ada penyegaran terhadap lembaga keuangan, termasuk asuransi dan dana pensiun. Catatan yang ada menunjukkan, reformasi lembaga keuangan dilakukan terakhir kali pada 2000-2005 untuk menyesuaikan kondisi keuangan pascakrisis ekonomi 1997-1998.

Meski meyakini reformasi terhadap LKNB mencakup pengaturan, pengawasan, dan manajemen risiko, Jokowi meminta semua pihak bersabar karena proses reformasi ini membutuhkan waktu lama. Yang penting disadari, tujuan akhir dari reformasi LKNB, mengembalikan kepercayaan masyarakat kepada lembaga keuangan nonbank, khususnya asuransi.

Karena itu, Jokowi menyebutkan tak mematok batas waktu bagi OJK untuk menjalankan reformasi ini. Jokowi mengaku, fokusnya dalam menginstruksikan reformasi lembaga keuangan, baik bank atau nonbank, adalah kepentingan nasabah terutama rakyat kecil.

“Sakit sudah lama jadi sembuhnya tidak sehari dua hari. Berikan waktu kepada OJK, Menteri BUMN, Menkeu untuk selesaikan ini,” ujar presiden.

Seperti diketahui Presiden menyampaikan mengenai wacana reformasi lembaga keuangan, termasuk asuransi dan dana pensiun, saat menghadiri Pertemuan Tahunan Lembaga Jasa Keuangan Tahun 2020, di Jakarta, Kamis (16/1/2020). Menurut Jokowi, lembaga keuangan sudah lama tidak dilakukan penyegaran, karena itu penting diupayakan untuk merebut kepercayaan masyarakat. ***

 

Check Also

OJK Pastikan PT Asuransi Jiwa Adisarana Wanaartha (Wana Artha Life) Tidak Dibekukan

EmitenNews.com – Otoritas Jasa Keuangan (OJK) mengatakan PT Asuransi Jiwa Adisarana Wanaartha (Wana Artha Life) …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

%d bloggers like this: