#
MEDC

Rights Issue Medco Energi Mundur dari Rencana Awal

Emitennews.com – Rencana PT Medco Energi International Tbk (MEDC) untuk menerbitkan saham baru alias right issue mundur dari rencana awal yaitu di semeter 1 2017.

Corporate Secretary MEDC Siendy K Wisandana mengatakan, keinginan untuk righs issue disampaikan pada RUPS 29 September 2016 dan harus terlaksana sebelum 29 September 2017. Namun, hingga Juni ini belum bisa terlaksana maka butuh perpanjangan waktu.

“RUPS udah di 29 September 2016 dan disampaikan waktu pelaksanaan rights issue hingga 12 bulan kemudian. Program itu akan berakhir di 29 September 2017. Sampai Juni kita belum bisa melaksanakan rights issue sehingga kita minta perpanjangan pada RUPS Juni kemarin sekalian dengan RUPS tahunan sehingga pelaksanaan rights issue waktunya 16 Juni 2017-16 Juni 2018. Insya Allah akan dilaksanakan tahun ini,” kata Siendy ketika ditemui di gedung BEI, Kamis (6/7).

Sementara itu Direktur Penilaian Perusahaan PT Bursa Efek Indonesia (BEI) Samsul Hidayat mengatakan, berdasarkan ketentuan Otoritas Jasa Keuangan (OJK) right issue mesti dilakukan usai Rapat Umum Pemegang Saham (RUPS). Namun, jika dalam setahun right issue tak terselenggara maka mesti digelar RUPS untuk righs issue tersebut.

“Namanya hak memesan efek terlebih dahulu (HMETD) itu berdasarkan POJK 32 sekarang di-RUPS-kan dulu, baru nanti dilaksanakan. Kalau sampai setahun maka expired, maka di-RUPS-kan lagi. Sekarang mereka sudah RUPS lagi,” kata dia di Gedung BEI Jakarta, Kamis (6/7/2017).

Samsul mengatakan, MEDC belum mengubah rencana yakni akan menawarkan 1,3 miliar saham. Sejalan dengan itu, perseroan juga akan menerbitkan waran.

“Mau rights issue, sekitar 1,3 miliar saham, nilainya nggak tau, harganya berapa,” ujar dia.

Samsul menuturkan, harga saham mengikuti harga penutupan saat RUPS. RUPS perseroan terakhir digelar pada Juni 2017.

“Harga HMTED mengikuti harga closing terakhir, RUPS terakhir,” jelas Samsul.

Dalam aksi korporasi ini, perseroan menunjuk beberapa penjamin emisi. Antara lain, PT Mandiri Sekuritas, PT CLSA Sekuritas Indonesia, dan PT Samuel Sekuritas.

Check Also

Gandeng Petronas, AKR Corporindo (AKRA) Dirikan Cucu Usaha Bidang Perdagangan Bahan dan Kimia Dasar

EmitenNews.com– PT AKR Corporindo Tbk. (AKRA) melalui anak usaha yaitu PT. AKR Niaga Indonesia dan …

%d bloggers like this: