#
Wali Kota Sungaipenuh, Jambi, Asafri Jaya Bakri. (Dok. Tribunnews).

Salagunakan Wewenang, Wali Kota Sungaipenuh AJB jadi Tersangka Kasus Pilkada
Saat membagikan bantuan Program Keluarga Harapan (PKH), Wali Kota Asafri Jaya Bakri mengajak warga memilih salah satu kandidat dalam Pemilihan Gubernur Jambi 2020

EmitenNews.com – Menyalagunakan wewenang sebagai kepala daerah, Wali Kota Sungaipenuh, Jambi, Asafri Jaya Bakri (AJB), ditetapkan sebagai tersangka kasus pilkada. Penyidik Polda Jambi yang tergabung dalam Sentra Penegakan Hukum Terpadu (Gakkumdu) menetapkan kepala daerah yang segera mengakhiri masa jabatan keduanya ini dijerat Pasal 71 ayat 3 jo 188 Undang-undang Pilkada. Jumat (16/10/2020) berkas sudah dilimpahkan ke jaksa.

“Ya. Dia ditetapkan tersangka oleh Gakkumdu Sungaipenuh,” kata Kabid Humas Polda Jambi, Kombes Pol Kuswahyudi Tresnadi melalui pesan WhatsApp, Jumat (16/10/2020).

Anggota Bawaslu Jambi, Fahrul Rozi mengatakan AJB ditetapkan sebagai tersangka oleh Gakkumdu Sungaipenuh. “Dia (AJB) tersangka karena telah menyalahgunakan wewenang.”

Saat melaksanakan tugas sebagai wali kota, AJB membagikan bantuan Program Keluarga Harapan (PKH). Dalam acara itu, AJB yang berpakaian ASN mengajak warga untuk memilih salah satu kandidat dalam Pemilihan Gubernur Jambi 2020. Kasus ini berbuntut panjang.

Bawaslu dan Gakumdu melakukan penyelidikan dan penyidikan. AJB dituding menggunakan kewenangannya sebagai wali kota dalam program PKH, untuk menguntungkan salah satu kandidat dalam Pilkada Serentak 2020.

Berdasarkan video yang beredar luas, pihak Bawaslu menelusuri, mencari saksi-saksi dan bukti-bukti lain. Dari situ dilakukan pembahasan tahap 1, kemudian penyelidikan. Selanjutnya ada pembahasan tahap 2. Dalam proses ini, berkas kemudian dilimpahkan ke kepolisian.

Kepolisian melakukan penyidikan sejak 5 Oktober lalu, sampai akhirnya penyidik menetapkan status tersangka. Jumat (16/10/2020) berkas sudah dilimpahkan ke jaksa. Dalam waktu lima hari ini, jaksa akan melimpahkan berkas tersebut ke pengadilan.

Direktur Reskrimum Polda Jambi, Kombes Pol Yudha Setyabudi mengatakan, berkas perkara Pilkada atas nama AJB sudah lengkap. “Ya benar jadi tersangka. Berkasnya sudah lengkap.” ***

 

Check Also

Terungkap, 37 Orang Bakal Calon Peserta Pilkada Serentak 2020 Positif Covid-19
"Data sementara yang dihimpun hingga pukul 24.00 dari KPU provinsi, KPU kabupaten/kota, bakal calon positif pemeriksaan swab tesnya 37 orang dari 21 Provinsi," kata Ketua KPU Arief Budiman

EmitenNews.com – Terungkap, sebanyak 37 orang bakal calon peserta Pilkada Serentak 2020 positif terjangkit virus …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

%d bloggers like this: