Satu Abad Panasonic: Kembali ke DNA dan Filosofi Dasar Bisnis

RS gen

Inspirasi, Profil Emiten Wednesday, 11th April 2018 7:09:51 PM • 1 month ago


EmitenNews – Usia Panasonic memasuki satu abad. Perusahaan yang dibangun dengan nama awal Matsushita Electronics oleh Konosuke Matsushita itu mengusung slogan “A  Better Life A Better World” dalam rangka eksistensi 100 tahunnya pada 2018.

Di Indonesia, Panasonic juga memasuki usia 58 tahun dalam kerjasamanya dengan Gobel Group. Menjelma sebagai perusahaan elektronik terbesar di tanah air.

President Director PT Panasonic Gobel Indonesia, Seigo  Saifu, menyebut perkembangan dan pertumbuhan bisnis selama bertahun-tahun dari Panasonic tidak akan pernah tercapai tanpa dukungan dan kepercayaan kuat dari para dealer. Landasan kerjasamanya adalah filosofi Co-existing & Co-prosperity yang disebut hubungan Win-Win sejak tahun 1962.

”Merayakan ulang tahun ke-100 pendirian Panasonic dan 58 tahun pengembangan bisnis Panasonic di Indonesia, sekali lagi kita semua harus diingatkan tentang filosofi manajemen dasar,” ungkapnya, dalam keterangan resmi, hari ini (11/04).

Sebab, kata Seigo, filosofi dimaksud merupakan DNA dan kompetensi inti Panasonic. ”Dengan begitu, kita dapat kembali lagi ke awal, dihargai oleh pasar dan pelanggan kemudian terus menciptakan cakupan nilai yang luas untuk “A Better Life, A Better World,” paparnya.

Tahun 2018 dianggap tahun penting bagi Panasonic. Bukan karena 100 tahun usia saja tetapi juga momen kembali ke prinsip dasar perusahaan itu di tengah lingkungan bisnis yang kian berat.

Panasonic, menurutnya, diajak untuk mengingat kembali pola pikir yang tepat dengan kembali ke filosofi manajemen dasar Panasonic.

Secara rinci prinsip dari DNA Panasonic di antaranya adalah Customer First, Good Economy is Good-But Weak Economy is Even Better, dan Start A New Everyday.

”Menurut sang pendiri, Konosuke Matsushita, sebuah resesi, situasi yang sulit, adalah kesempatan yang baik untuk berpikir tentang apa yang benar,” Seigo mengingatkan.

Selama waktu tersebut, aktivitas manajemen perusahaan dan produk akan diamati dengan baik oleh konsumen dan masyarakat luas.

Pada saat itu, juga kata dia, konsumen hanya akan membeli produk yang benar-benar baik. Maka perusahaan yang baik dapat menggunakan kemerosotan ekonomi sebagai peluang untuk mengembangkan bisnis.

Panasonic Gobel Group sebagai sebuah tim, menurutnya, akan terus memberikan inovasi dan nilai “A Better Life, A Better World” melalui program CSR,  B2B & G business project, seperti ASIAN GAMES 2018 dengan solar panel, LED pencahayaan, serta penyejuk udara.

Untuk bisnis B2C sebagai pilar utama Panasonic Gobel Indonesia, konsep dianut berupa penciptaan nilai untuk tempat tinggal dengan menghadirkan berbagai macam produk.

”Indonesia adalah pasar yang sangat penting bagi Panasonic. Oleh karena itu, pada tahun fiskal 2018 kami hadir dengan manajemen baru untuk memerkuat kehadiran kami di pasar Asia, khususnya di Indonesia,” tuturnya.

Melihat perkembangan industri elektronik di Indonesia saat ini, pada tahun fiskal 2018 Panasonic akan meningkatkan basis manajemen, membangun orbit pertumbuhan baru di tahun fiskal 2019, dan menargetkan untuk mencapai turnover ganda terhadap tahun fiskal 2017.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *