#
Destry Damayanti. (Dok. Sinar Harapan).

Sebagai DG Senior BI Destry Damayanti Diharapkan Bekerja Out of the Box
Komisi XI DPR RI menyepakai perempuan kelahiran Jakarta 1963 ini jadi Deputi Gubernur Senior Bank Indonesia menggantikan Mirza Adityaswara

EmitenNews.com – Komisi XI DPR RI menyepakati Destry Damayanti menjadi Deputi Gubernur Senior (DGS) Bank Indonesia (BI) menggantikan Mirza Adityaswara. Komisi yang membidangi keuangan dan perbankan itu, mengharapkan Komisioner Lembaga Penjamin Simpanan (LPS) sejak 2015 itu, bekerja out of the box untuk memperbaiki moneter di Tanah Air.

Ketua Komisi XI Melchias Marcus Mekeng, Kamis (11/7/2019), mengungkapkan, pihaknya berharap Destry bisa turut membantu mendorong perekonomian di dalam negeri. Saat Ini Indonesia membutuhkan investasi dari luar negeri. Menurut dia, BI memiliki peranan besar untuk memperdalam produk keuangan, surat berharga hingga milik korporasi.

Peran tersebut bisa dilakukan BI sebagai market maker, sehingga orang-orang mau memasukkan uang ke Indonesia berbentuk foreign direct investment (FDI) atau portofolio investasi. Destry juga diminta tidak menjaga jarak dengan pasar. DPR berharap Destry tidak menjaga jarak dengan pasar dan perbankan BUKU I, II, III dan IV. ”Agar dia bisa berkomunikasi baik dengan pasar dan perbankan BUKU I, II, III, IV, agar dapat menyerap aspirasi dunia perbankan.”

Terkait suku bunga acuan, BI harus merespon cepat dengan kebijakan agar tak terjadi capital outflow. Menurut Mekeng, jika otoritas bank sentral negara-negara lain melakukan penurunan suku bunga, sebaiknya Bank Indonesia juga melakukan hal yang sama.

Untuk semua itu, nantinya Destry diharapkan bisa bekerja out of the box. Jadi, alumnus Fakultas Ekonomi Universitas Indonesia 1989, dan Master of Science, Field of Regional Science Cornell University, New York, USA 1992 itu, tidak hanya bekerja sebagai birokrat di kantor. Perempuan kelahiran Jakarta 1963 itu, harus melakukan kebijakan untuk memperdalam produk keuangan atau memperbaiki moneter di Indonesia.

Destry Damayanti pernah menjadi Kepala Ekonom PT Bank Mandiri Tbk. Tugasnya, memberikan masukan kepada direksi dan komisaris terkait kondisi ekonomi, perbankan, industri regional dan pasar keuangan sebagai dasar dalam pengambilan keputusan.

Saat ini, ibu tiga anak itu, masih menjabat anggota Dewan Komisioner Lembaga Penjamin Simpanan (LPS) sejak 2015. Sebagaimana diatur dalam UU LPS, tugas Destry adalah merumuskan dan menetapkan kebijakan dan melakukan pengawasan dalam rangka pelaksanaan tugas dan wewenang LPS.

Menariknya lagi, Destry juga pernah menjadi Ketua Panitia Seleksi Pimpinan Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) pada pemilihan 2015. Lainnya, jadi ketua Task Force Ketahanan Ekonomi BUMN, kepala Sub-Divisi Biro Analisa Keuangan Daerah, Badan Analisa Keuangan dan Moneter (BAKM) di Kementerian Keuangan.

Posisi lain yang pernah diembannya, Direktur Eksekutif Mandiri Institute, Kepala Ekonom Mandiri Sekuritas, Peneliti dan Pengajar Lembaga Penyelidikan dan Ekonomi Masyarkat (LPEM-FEU). Lalu, juga pernah menjadi penasehat ekonomi untuk duta besar Inggris di Indonesia.

Dengan sejumlah pengalaman tersebut, ekonom di Citibank N.A periode 1997-2000 itu, diharapkan bisa bekerja keras untuk memperbaiki moneter di Tanah Air. ***

 

Check Also

Masyarakat Kini Punya Kesempatan Sama Akses Teknologi Digital Konektivitas Sangat Cepat
Presiden resmikan pengoperasian Palapa Ring, Senin (14/10/2019). Tol langit ini menghubungkan seluruh ibu kota di 514 kabupaten dan kota di Indonesia

EmitenNews.com – Masyarakat kini memunyai kesempatan sama mengakses teknologi digital dengan konektivitas sangat cepat. Presiden …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *