#
Ilustrasi : 123rf

Sebanyak 12 Emiten Pindah Sektor Bisnis

EmitenNews – Bursa Efek Indonesia (BEI) mengubah lagi susunan perusahaan tercatat (emiten) berdasarkan sektor bisnis dalam Indeks harga saham gabungan (IHSG). Sedikitnya tercatat 12 perusahaan ganti klasifikasi bisnis dan sektor perdagangan, jasa, serta infrastruktur transportasi paling banyak dipilih.

Sebanyak empat emiten beralih ke sektor perdagangan dan jasa terdiri atas PT Leo Investments Tbk (ITTG) dari sebelumnya sektor Pertambangan Besar, Barang Produksi, dan Barang Konsumsi menjadi Lain-lain Perdagangan dan Jasa. PT Siwani Makmur Tbk (SIMA) memilih sektor baru yang sama dengan ITTG dengan memutuskan sektor sebelumnya yaitu Plastik dan Kemasan.

Begitu juga PT Majapahit Inti Corpora Tbk (AKSI) yang meninggalkan bisnis Perusahaan Efek. PT Sekawan Intipratama Tbk (SIAP) juga hampir sama memutuskan masuk bisnis Perdagangan Besar, Barang Produksi, dan Barang Konsumsi untuk meninggalkan bisnis Plastik dan Kemasan.

Sementara itu dua emiten meninggalkan bisnis berbasis sumber daya alam dan hewan yaitu PT Inti Agri Resources Tbk (IIKP) dari sebelumnya Perikanan menjadi Makanan dan Minuman serta PT Bumi Teknokultura Unggul Tbk (BTEK) dari sebelumnya Kehutanan menjadi Makanan dan Minuman.

Sedangkan PT SMR Utama Tbk (SMRU) bergeser sedikit dari sektor Pertambangan Logam dan Mineral lainnya menjadi Pertambangan Batu Bara. Begitu juga PT Mitra Investindo Tbk (MITI) dari Pertambangan Batu-batuan menjadi Pertambangan Minyak dan Gas Bumi.

PT Polychem Indonesia Tbk (ADMG) dari sebelumnya Tekstil dan Garment pindah ke Kimia. Kemudian PT Central Proteina Prima Tbk (CPRO) yang beralih dari air ke darat karena sebelumnya sektor Perikanan menjadi Pakan Ternak.

Sektor Jalan Tol, Pelabuhan, dan Bandara kompak dipilih dua emiten lainnya. Mereka adalah PT ICTSI Jasa Prima Tbk (KARW) dari sebelumnya sektor Transportasi dan PT Cardig Aero Services Tbk (CASS) dari sebelumnya juga Transportasi.

”Berdasarkan hasil evaluasi rutin tahunan atas Klasifikasi Industri Emiten di Bursa Efek Indonesia terdapat 12 perusahaan tercatat yang mengalami perubahan Klasifikasi Industri Emiten,” bunyi pengumuman dari Kepala Operasional Perdagangan BEI, Eko Siswanto, dan Kepala Riset dan Pengembangan BEI, Verdi Ikhwan, dalam keterbukaan informasi BEI, hari ini (03/07).

Dengan begitu maka BEI akan memindahkan IIKP dan BTEK dari sektor 1 menjadi sektor 5. Kemudian SIMA dan SIAP digeser dari sektor 3 ke sektor 9. ADMG dari sektor 4 menjadi sektor 3 dan AKSI dari sektor 8 menjadi sektor 9.

Seperti diketahui saat ini BEI membagi seluruh emiten ke dalam 10 sektor bisnis dalam IHSG. Terdiri atas sektor Agriculture, Mining, Basic Industry and Chemicals, Miscellaneous Industry, Consumer Goods Industry, Property Real Estate and Building Construction, Infrastructure Utilities and Transportation, Finance, Trade Service and Investment, dan Manufacturing.

Check Also

Sido Muncul (SIDO) Stock Split 1:2. Ini Jadwal Pelaksanaannya

EmitenNews.com- PT Industri Jamu dan Farmasi Sido Muncul Tbk (SIDO) akan melakukan pemecahan nilai nominal …

%d bloggers like this: