#
Emmanuel Macron Terpilih Sebagai Presiden Prancis Mengungguli Marine Le Pen . Foto REUTERS/Christian Hartmann

Selamat, Emmanuel Macron Terpilih Sebagai Presiden Prancis

Emitennews.com – Emmanuel Macron terpilih sebagai Presiden Prancis usai mengalahkan  Marine Le Pen dalam pemungutan suara putaran kedua, Minggu (7/5/2017) waktu setempat.

Macron yang pernah menjadi menteri ekonomi Presiden Francois Hollande, politisi Partai Sosialis ini dalam pidato kemenangannya menyebutkan akan membuka lembaran baru dalam sejarah Perancis. Ia berjanji akan menyatukan Prancis yang sempat terbagi dan terpecah dalam kubu-kubu.

Hal ini disampaikan kepada pendukungnya dalam pidato kemenangan, satu jam setelah lawannya Le Pen mengakui kekalahan dalam pemilu.

Berdasarkan penghitungan cepat, empat lembaga hitung cepat Macron unggul dengan perolehan suara  65%, sedangkan rivalnya Le Pen mendapat 35% suara.

Dilansir CNN, Senin (8/5) Macron mengatakan dirinya tidak akan melupakan orang-orang yang selama ini mendukungnya. Dia berjanji akan membayar kepercayaan warga Prancis kepadanya.

“Saya ingin mengucapkan terima kasih kepada para pendukung. Terima kasih dari lubuk hati terdalam,” ujar Macron.

“Saya tahu bahwa ada kemarahan, kekhawatiran dan keraguan yang kalian ekspresikan,” kata Macron, yang menjadi presiden termuda Prancis di usia 39 tahun dan merupakan presiden termuda sepanjang Negara Prancis berdiri.

Kemenangan Macron atas kandidat Front Nasional ini memperkuat Uni Eropa dan memukul gelombang populis yang telah mengguncang negara-negara demokrasi barat selama setahun terakhir.

Ucapan Selamat Kepala Negara

Beberapa saat setelah pidato kemenangan Macron, sejumlah pemimpin negara-negara lain memberi selamat kepada Macron. Perdana Menteri Inggris Theresa May adalah di antara yang pertama memberi selamat.

Kanselir Jerman Angela Merkel juga memerikan selamat dan memuji kampanye pro-Eropa dalam telepon singkat. Adapun Presiden Donald Trump mengucapkan selamat kepada Macron di akun Twitternya.

Hasil pemilu Prancis ini akan membantu mengembalikan kepercayaan diri Uni Eropa setelah keputusan Inggris untuk meninggalkan blok tersebut tahun lalu.

 

 

 

Check Also

Perintis Triniti Properti (TRIN) : Berbagai Aturan Untungkan Sektor Properti di Batam

EmitenNews.com- Berbagai macam kebijakan Pemerintah yang memicu sentimen positif sektor properti mulai dirasakan oleh berbagai …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

%d bloggers like this: