Semakin Banyak yang Outperform, Syailendra Capital Siapkan Reksa Dana Indeks

RS gen

Reksa Dana Thursday, 19th April 2018 4:02:06 PM • 3 months ago


EmitenNews – Turunnya kinerja reksa dana memacu semangat Syailendra Capital untuk menelurkan produk baru. Sedang dalam proses izin di Otoritas Jasa Keuangan (OJK) dan akan ditopang inovasi teknologi aplikasi.

Data industri reksa dana memerlihatkan jumlah reksa dana saham dengan pengelolaan aktif yang kinerjanya melebihi indeks acuan (outperform) kian menipis. Sepanjang periode 2016-2017 hanya sekitar 10 persen dari seluruh reksa dana saham di Indonesia yang kinerjanya melampaui indeks acuan.

Bandingkan dengan misalnya pada periode 2008-2009. Saat itu produk reksa dana yang kinerjanya melampaui indeks acuan seperti Indeks harga saham gabungan (IHSG) mencapai 60-70 persen.

Chief Marketing Officer PT Syailendra Capital, Harnugama, mengatakan fakta itu perlu disikapi dengan serius agar produk reksa dana semakin bergairah. Pihaknya merespon dengan cara menyiapkan produk baru.

Produk baru dimaksud dia sebut merupakan produk reksa dana yang berbeda dari produk reksa dana biasanya. ”Bentuknya reksa dana indeks,” ucapnya, hari ini (19/04).

Diharapkan produk itu akan mendongkrak performa reksa dana sekaligus kinerjanya. ”Menurunnya jumlah reksa dana saham yang outperform dari indeks menjadi latar belakang Syailendra meluncurkan produk ini. Dan ini akan menjadi produk andalan yang rencana diluncurkan tahun ini bila kami mendapat persetujuan peluncuran produk dari OJK dalam waktu dekat ini,” ucap Harnugama.

Syailendra Capital juga menyiapkan SIAPP (Syailendra Investment Application Platform), inovasi yang diharapkan memanjakan nasabah lama dan dalam rangka meraih lebih banyak nasabah baru.

Presiden Direktur Syailendra Capital, Fajar R Hidajat, mengatakan SIAPP akan menyuguhkan ragam fitur baru yang belum ada di manajer investasi lainnya. Dioptimalkan melalui kerjasama dengan salah satu E-commerce terbesar di Indonesia, Tokopedia. Termasuk juga market place reksa dana online, Bareksa.(Frans S Pong)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *