Seriusnya Kokoh Afiat Membawa Macan Kemayoran Melantai di Bursa

Rencana manajemen Persija Jakarta melepaskan saham ke publik masih diragukan oleh The Jakmania

M Nasir

Ekonomi Update, Makro & Moneter Monday, 11th February 2019 11:44:52 PM • 7 days ago


EmitenNews – Manajemen Persija Jakarta di bawah komando Direktur Utama, Kokoh Alfiat perlu lebih menunjukkan keseriusan untuk membawa klubnya masuk bursa tahun ini. Rencana melepas saham ke publik atau Initial Public Offering (IPO) itu, diragukan Pengurus Bidang Hukum The Jakmania, Ghazi Luthfi. Banyak yang harus dipertimbangkan untuk menawarkan saham itu.

Informasi yang dikumpulkan sampai Senin (11/2/2019), tekad Kokoh Alfiat sepertinya sudah kokoh banget. Beberapa langkah sudah dilakukan pria berkacamata ini. Antara lain, mengaudit dan menempatkan sosok-sosok profesional di jajaran manajerial. Dalam konferensi pers di Hotel Century, Jakarta, Sabtu (9/2/2019), ia menyatakan, Persija memiliki program besar.

“Tahun ini Persija berencana masuk bursa saham. Untuk itu, diperlukan profesional tambahan. Sehingga proses besar dan program besar Persija dapat terlaksana,” katanya.

Langkah ini ditempuh agar pengelolaan Persija bisa tumbuh menjadi perusahaan yang lebih maju dan besar. Salah satu syarat agar perusahaan bernama PT Persija Jaya Jakarta Maju itu, menjadi transparan. Dengan transparan, manajemen akan baik karena ada pengawasan Otoritas Jasa Keuangan (OJK).

Dengan masuk bursa, Persija berharap dapat menambah pendapatan yang beberapa tahun terakhir dinilai “merah”. Hampir setiap tahun, pendapatan klub Macan Kemayoran itu, lebih kecil dari pembiayaan. Itu artinya, seperti perusahaan, mengalami kerugian.

“Alhamdulillah tahun 2018 buku keuangan Persija sudah mulai ‘biru’ walaupun arus kas atau cash flow masih minus karena pendapatan dari PT Liga Indonesia Baru belum bisa ditunaikan. Baru sebatas komitmen,” tegasnya.

Yang jelas, jika berhasil melakukan penawaran saham perdana, Persija Jakarta akan menjadi klub pertama Indonesia yang sahamnya dimiliki masyarakat. Dengan berada di bursa saham, masyarakat dapat mengikuti saham Persija dan menjadi lebih percaya pada tata kelola dalam klub.

Bagusnya, Bursa Efek Indonesia (BEI) siap mendukung dan membantu Persija untuk melantai memasuki pasar bursa. Direktur Pengembangan BEI Hasan Fawzi mengatakan keinginan Persija menawarkan saham perdana itu, langkah maju. Rencana tersebut bisa meningkatkan aspek tata kelola dan akuntabilitas Persija di mata publik.

“Apalagi untuk segmen industri Persija yang kepemilikan dan ketertarikan dengan publik cukup tinggi,” katanya.

Satu hal, untuk bisa melantai di bursa, Persija harus memenuhi syarat. Di antaranya, bentuk badan hukum, masa operasi, laba usaha yang dapat diukur dan pendapatan laporan keuangan audit dua tahun terakhir.

Tetapi, itulah seperti dikutip dari Bola.net, manajemen Persija Jakarta perlu lebih menunjukkan keseriusannya untuk IPO. Pasalnya, Pengurus Bidang Hukum (Bidkum) The Jakmania, Ghazi Luthfi sudah mengungkapkan keraguannya atas rencana besar itu.

Kepada pers, Minggu (10/2/2019), Luthfi menyatakan, perusahaan menempuh IPO ada beberapa tujuan, salah satunya pengembangan usaha dengan meraup dana murah dari publik. Pertanyaannya, urai pria yang karib disapa Upi itu, apa tujuan Persija untuk IPO? Pengembangan usaha seperti apa yang akan dilakukan? Jika IPO hanya untuk meningkatkan citra perusahaan, akan banyak permasalahan yang muncul.

Direksi Persija diminta menyadari, dengan menjadi perusahaan terbuka akan banyak peraturan yang harus ditaati. Jika sebelumnya PT yang menaungi Persija hanya tunduk pada ketentuan Undang-Undang (UU) Perseroan Terbatas (PT). Setelah IPO, Persija harus mematuhi UU Pasar Modal, dan banyak peraturan OJK bagi perusahaan terbuka.

Seberapa kuat dan kokoh Kokoh Afiat menunjukkan keseriusannya melantai di bursa, baiklah kita tunggu. Jika semuanya berjalan lancar, kita akan melihat Persija akan menjadi klub sepakbola Indonesia yang pertama melakukan IPO. Dan itu berarti Klub Macan Kemayoran berhasil menciptakan sejarah. ***

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *