#
Ilustrasi kawasan Monas. Direktur Komunikasi Formula E Jakarta Dhimam Abror di Balai Kota Jakarta, Rabu (12/2/2020), menyatakan pekerjaan lintasan di kawasan Monas yang dilaksanakan mulai bulan ini tidak akan mengganggu cagar budaya di sana. (Dok. Merdeka).

Siapa Anak Buah Gubernur DKI Jakarta yang Laporannya Hanya Asal Bapak Senang?
Penyelenggara Formula E menjamin pelaksanaan balapan mobil listrik tingkat internasional di kawasan Monas tidak akan mengganggu cagar budaya

EmitenNews.com – Siapa anak buah Gubernur DKI Jakarta yang laporannya hanya asal bapak senang (ABS)? Ketua Komisi D DPRD DKI Jakarta Ida Mahmudah meminta mantan Menteri Pendidikan Nasional itu, berhati-hati atas laporan anak buah yang potensial hanya ingin menjilat, atau menyenangkannya. Ida menyinggung hal itu dalam kasus penggunaan kawasan Monas untuk arena sirkuit Formula E.

Ida Mahmudah mengingatkan hal itu kepada wartawan, seperti dikutip dari CNN Indonesia, Jumat (14/2/2020). “Pak Anies hati-hati punya anak buah bisa ngejilat doang.”

Ida menyoroti klaim Gubernur Anies soal izin dari Tim Ahli Cagar Budaya (TACB) DKI Jakarta dalam penggunaan Monas untuk ajang Formula E. Izin ini dicantumkan Anies dalam suratnya kepada Menteri Sekretariat Negara terkait pelaksanaan Formula E di kawasan Monumen Nasional (Monas).

Ketua TACB Mundardjito mengaku tak pernah memberikan rekomendasi itu dan tidak pernah diikutsertakan dalam rapat Formula E. Ia mengatakan, TACB DKI Jakarta tidak diberitahu terkait perhelatan internasional yang akan dilaksanakan di sekitar Cagar Budaya tersebut.

Mundardjito mengungkapkan, kewenangan TACB DKI menilai nilai sejarah cagar budaya di tingkat provinsi. Monas kata dia berada pada cagar budaya level nasional yang dipegang pemerintah pusat. “Kami kan TACB Pemerintah Provinsi DKI Jakarta. Sedangkan Monas itu peringkat nasional yang mengurus Sekretariat Negara.”

Mundardjito mengaku baru tahu penggunaan Monas sebagai tempat Formula E setelah  ada pernyataan Sekretariat Negara yang melarang kawasan itu jadi arena balap mobil listrik. Ia hanya mengikuti polemik hingga akhirnya Setneg selaku Komisi Pengarah memperbolehkan kembali kawasan Medan Merdeka tersebut untuk tempat balapan.

Ida mengungkapkan seharusnya Anies berkoordinasi terlebih dahulu dengan TACB sebagai penasehat. Bukan malah mengklaim telah mengantongi izin dan mengirimkan surat kepada pemerintah pusat. Politikus PDI Perjuangan itu mengaku prihatin atas masalah itu.

Ida juga mengaku tidak mendapat informasi pasti soal tata letak perhelatan di Monas itu. Belakangan diketahui, paddock atau tempat parkir mobil balap sangat berdekatan dengan kawasan Revitalisasi Monas. Ida mengaku tidak diberitahu terkait hal tersebut.

Sebelumnya, Kepala Dinas Kebudayaan DKI Jakarta Iwan Henry Wardhana mengaku tidak mengikutsertakan TACB dalam pembahasan penggunaan kawasan Monas untuk balap Formula E itu. Ia hanya berkonsultasi dengan Tim Sidang Pemugaran (TSP). “Pokoknya saya yang mengeluarkan rekomendasi bahwa kawasan cagar budaya Monas bisa untuk Formula E. Selesai.”

Dalam surat Nomor B-3/KPPKKM/02/2020. yang diteken Menteri Sekretaris Negara sekaligus Ketua Komisi Pengarah, Pratikno, 7 Februari 2020, mengizinkan Monas menjadi lokasi Formula E. Dalam surat yang ditujukan kepada Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan itu, disertakan catatan penting yang harus dipatuhi, termasuk menjaga kawasan cagar budaya. Anies kemudian mengirim surat balasan dengan nomor 61/-1.857.23, disertai llampiran gambar mengenai rute Formula E sepanjang 2,6 kilometer.

Direktur Komunikasi Formula E Jakarta Dhimam Abror di Balai Kota Jakarta, Rabu (12/2/2020), menyatakan pekerjaan lintasan di kawasan Monas yang dilaksanakan mulai bulan ini tidak akan mengganggu cagar budaya di sana. Penyelenggara balapan mobil listrik Formula E Jakarta itu, menjamin menerima semua masukan dari pihak-pihak terkait tentang pembangunan sirkuit di Monas baik itu untuk cagar budaya dan kelestarian.

“Itu semua sudah jadi bahan masukan kami bahkan dari awal kami sudah siapkan,” kata Dhimam Abror. ***

 

Check Also

Siapa ya Influencer yang akan Diguyur Rp72 Miliar oleh Presiden untuk Tangkal Dampak Virus Corona?
Beberapa daerah di Indonesia mengklaim mulai merasakan dampaknya, yang tercermin dari sepinya jumlah kunjungan wisatawan. Singapore Airlines membatalkan penerbangan tujuan Bali hingga Mei 2020

EmitenNews.com – Siapa influencer yang akan diguyur Rp72 miliar untuk menangkal dampak virus corona terhadap …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

%d bloggers like this: