#
Seremonial kerjasama Standard Chartered Bank dan MPMFinance di Menara Standard Chartered, Jakarta, Selasa 2 Mei 2017

Standard Chartered dan MPM Group Kolaborasi Sistem Pembayaran

Emitennews – Standard Chartered Bank dan PT Mitra Pinasthika Mustika Tbk (MPMX) melakukan kolaborasi. Dilakukan penandatanganan kerjasama layanan penagihan regular Sistim Kliring Nasional Bank Indonesia Generasi II (SKNBI).

Kerjasama dilakukan antara Standard Chartered Bank Indonesia dengan anak usaha MPMX, PT Mitra Pinashtika Mustika Finance (MPM Finance) yang bergerak di bisnis jasa keuangan. Penandatanganan antara kedua belah pihak dilakukan di Jakarta, hari ini (02/05).

Acara penandatanganan hari ini dihadiri oleh Chief Executive Officer Standard Chartered Bank Indonesia Rino Donosepoetro dan Chief Executive Officer MPM Finance Johny Kandano. SKNBI merupakan sistem transfer dana elektronik inisiatif dari Bank Indonesia yang meliputi kliring debet dan kliring kredit yang penyelesaian setiap transaksinya dilakukan secara nasional.

Dalam program Sistem Kliring Nasional (SKN) Generasi II ini, khususnya untuk fitur layanan penagihan regular, Standard Chartered Bank merupakan satu dari sepuluh bank pertama yang menyediakan layanan tersebut.

”Di Standard Chartered Bank, kami berkomitmen untuk senantiasa melakukan inovasi dalam hal produk dan layanan untuk menciptakan nilai tambah bagi klien. Di Bank, kami membantu klien, termasuk berbagai institusi keuangan, klien-klien dari sektor publik, dan organisasi lainnya, untuk memenuhi kebutuhan perbankan mereka dalam hal perdagangan, investasi, maupun pengembangan bisnis,” kata Chief Executive Officer (CEO) Standard Chartered Bank Indonesia, Rino Donosepoetro.

Selain itu, menurutnya, kerjasama itu juga merupakan komitmen untuk senantiasa mendukung program pemerintah, khususnya dalam menyediakan layanan perbankan yang mudah dan terintegrasi.

Direktur Utama MPMFinance Johny Kandano mengatakan pihaknya mengusung strategi ‘Fast Friendly Financing’. Melalui kerjasama itu diyakini strateginya akan semakin berdampak.

”Kerjasama ini akan meningkatkan pelayanan, kemudahan, dan kenyamanan kepada para konsumen MPMFinance dalam pembayaran angsuran,” ujarnya.

Dengan infrastruktur itu dia menilai perusahaan akan dimudahkan untuk menagih pembayaran dari nasabah atau klien tanpa harus menjadi nasabah dari bank tertagih. ”Sebagai bank yang dipercaya untuk melakukan penarikan dana oleh MPMF, Standard Chartered menyediakan suatu platform elektronik yang terintegrasi yaitu Straight2Bank sebagai media penagihan demi mempercepat proses penagihan dana dengan biaya yang lebih efisien bagi MPM Finance,” terusnya.

Country Head of Transaction Banking Standard Chartered Bank Indonesia, Michael Sugirin, menyebut Straigh2bank sebagai media pengiriman instruksi penagihan, selain nyaman, juga aman serta transparan.

”Detil dan status dari transaksi akan dilaporkan kembali ke klien sehingga klien dapat memerhitungkan arus kas di rekening mereka dengan lebih baik. Selain itu, kami sebagai bank penagih (biller bank) bekerja berdasarkan nomor referensi yang telah diberikan oleh Bank tertagih (payer bank) sehingga tidak bisa sembarangan menagih tanpa persetujuan dari nasabah klien kami,” ulasnya.

Check Also

Laba Bank Tabungan Negara (BBTN) Di Kuartal III/2020 Melesat 39,72 Persen 

EmitenNews.com – Mengakhiri kuartal III/2020, PT Bank Tabungan Negara (Persero) Tbk. mencatatkan prestasi sangat positif …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

%d bloggers like this: