#
Pemaparan hasil survei tahunan Japan External Trade Organization (JETRO) tentang kondisi bisnis perusahaan Jepang di Asia, khususnya di Indonesia sepanjang 2019, Selasa (11/2/2020). (Dok. EmitenNews.com/Ist).

Survei JETRO: Sentimen Bisnis Perusahaan Jepang Menurun, Namun Motivasi Berekspansi Meningkat
Data 2019 menunjukkan, persentase proporsi perusahaan Jepang melakukan ekspansi ke Indonesia mampu tumbuh. Posisi Indonesia mengalahkan China dan Thailand

EmitenNews.com – Senior Director JETRO, Wataru Ueno menjelaskan meski sentimen bisnis perusahaan Jepang mengalami penurunan. Namun motivasi perusahaan Jepang berekspansi sedikit meningkat, terutama di Indonesia. Lembaga di bawah Kementerian Ekonomi, Perdagangan dan Industri Jepang (METI) tersebut menyatakan sentimen bisnis perusahaan-perusahaan Jepang ke negara lain menurun.

Demikian salah satu hasil survei tahunan Japan External Trade Organization (JETRO) tentang kondisi bisnis perusahaan Jepang di Asia, khususnya di Indonesia sepanjang 2019, yang rilisnya diterima Kamis (13/2/2020).

“Dalam survei tersebut perusahaan Jepang di Indonesia dengan perkiraan pendapatan operasional perusahaan yang tumbuh atau meraup keuntungan di tahun kemarin sebanyak 69,1 persen. Ini terus mengalami kenaikan dari tahun-tahun sebelumnya,” kata Wataru Ueno dalam paparannya.

Dalam diffusion index (DI) menunjukkan sentimen bisnis berada pada 14,2 poin. Hasil ini turun 13,5 poin dari tahun sebelumnya. Survei ini menunjukkan persentase perusahaan yang akan melakukan ekspansi bisnis ke negara luar Jepang dalam 1 sampai 2 tahun mendatang menurun.

“Walaupun mengalami penurunan hampir di semua negara tetapi untuk di Indonesia berpotensi naik. Data menunjukkan, menurun di seluruh negara kecuali di Indonesia,” tegasnya.

Persentase perusahaan Jepang di seluruh negara, berdasarkan data survei menunjukkan responden dengan perkiraan pendapatan perusahaan yang menyebab untung di tahun lalu ada 65,5 persen. Hasilnya turun 2,6 poin dari 68,1 persen pada tahun 2018. Nilai DI berada pada 3,30 yang turun signifikan dari tahun sebelumnya, 23,6 poin.

Dalam paparannya Selasa (11/2/2020),  yang diterangkan dalam grafik, Wataru menyebut, prospek bisnis di beberapa negara utama dalam 1 sampai 2 tahun mendatang seluruhnya mengalami penurunan. Cuma Indonesia memiliki prospek positif. Proporsi persentase Jepang di Indonesia tergolong kecil namun dari sisi prospek ekspansi ke Indonesia akan terus meningkat.

Data 2019 menunjukkan, persentase proporsi perusahaan Jepang untuk melakukan ekspansi ke Indonesia mampu tumbuh. Posisi Indonesia mengalahkan China dan Thailand.

Dalam grafik 2019 proporsi Indonesia yaitu 50,7 persen naik dari 49,2 persen. Di bawah Indonesia ada Thailand (44,7) turun dari 51,4 persen. China, 43,2 persen anjlok dari posisi sebelumnya 49,2 persen.

“Dengan data itu Jepang memiliki kecenderungan atau minat yang meningkat dalam berbisnis di Indonesia,” tegas Wataru. ***

 

Check Also

Kurva Pandemi Covid-19 di Indonesia Terus Meningkat, Jumat Ini Bertambah 678 jadi 25.216 Pasien
Achmad Yurianto: berdasarkan hasil pemeriksaan 10.639 spesimen menggunakan mesin PCR dan TCM, total yang sudah diperiksa hingga hari ini 300.545 spesimen

EmitenNews.com – Kurva epidemi kasus virus corona penyebab coronavirus disease 2019 (covid-19) di Indonesia terus …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

%d bloggers like this: