#
Ilustrasi Bank Indonesia. BI bakal membentuk lembaga kliring atas transaksi derivatif suku bunga dan nilai tukar (SBNT). Pembentukan lembaga yang juga dikenal dengan istilah Central Counterparty (CCP) itu efektif 2023.

Survey BI : Kegiatan Usaha Triwulan II Membaik Didorong Sektor Perdagangan, Hotel, dan Industri Pengolahan

EmitenNews.com – Bank Indonesia (BI) menyampikan, berdasarkan hasil Survei Kegiatan Dunia Usaha (SKDU) menunjukkan, kegiatan usaha pada triwulan II 2019 membaik dibandingkan dengan kegiatan usaha pada triwulan sebelumnya.

Mengutip laman BI, hal tersebut tercermin dari Saldo Bersih Tertimbang (SBT) sebesar 19,17 persen, lebih tinggi dari 8,65 persen pada triwulan I 2019.

Peningkatan kegiatan usaha terutama terjadi pada sektor Perdagangan, Hotel & Restoran dan sektor Industri Pengolahan, didorong oleh peningkatan permintaan domestik.

Sejalan dengan peningkatan kegiatan usaha, rata-rata kapasitas produksi terpakai dan penggunaan tenaga kerja pada triwulan II 2019 juga meningkat dibandingkan dengan triwulan sebelumnya.

Tingkat penggunaan kapasitas produksi meningkat dari 76,10 persen pada triwulan I 2019 menjadi 77,18 persen pada triwulan II 2019. Sementara itu, kenaikan tingkat penggunaan tenaga kerja tercermin pada peningkatan SBT jumlah tenaga kerja dari 2,37 persen pada triwulan I 2019 menjadi 2,47 persen pada triwulan II 2019.

Dari sisi keuangan, kondisi likuiditas dan rentabilitas dunia usaha pada triwulan II 2019 lebih baik, dengan akses terhadap kredit perbankan yang relatif mudah.

Responden memprakirakan ekspansi kegiatan usaha akan terus berlanjut, meskipun tidak setinggi periode sebelumnya. Hal ini tercermin dari SBT prakiraan kegiatan usaha pada triwulan III 2019 sebesar 16,19 persen. Prakiraan ekspansi kegiatan usaha tersebut ditopang oleh sektor Keuangan, Real Estate & Jasa Perusahaan dan sektor Jasa-jasa. (Romys)

Check Also

Masyarakat Kini Punya Kesempatan Sama Akses Teknologi Digital Konektivitas Sangat Cepat
Presiden resmikan pengoperasian Palapa Ring, Senin (14/10/2019). Tol langit ini menghubungkan seluruh ibu kota di 514 kabupaten dan kota di Indonesia

EmitenNews.com – Masyarakat kini memunyai kesempatan sama mengakses teknologi digital dengan konektivitas sangat cepat. Presiden …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *