#

Tak Ada Pembeli Siaga, PT BRI Agroniaga (AGRO) Akan Rights Issue 3 Miliar Saham. Ini Jadwalnya

EmitenNews.com – PT BRI Agroniaga Tbk (AGRO) akan melaksanakan Penambahan Modal Dengan Memberikan Hak Memesan Efek Terlebih Dahulu (PMHMETD) IX alias rights issue sebanyak 3 miliar saham dengan nilai nominal Rp100 per saham atau 12,32 persen dari jumlah saham ditempatkan dan disetor penuh dalam Perseroan sebelum pelaksanaan PMHMETD IX.

BRI Agro dalam prospektus ringkas nya yang disampaikan ke Bursa Efek Indonesia (BEI) Rabu (17/7) menyebutkan, saham-saham tersebut akan ditawarkan melalui PMHMETD atau rights issue IX Tahun 2019. HMETD akan dibagikan kepada para Pemegang Saham Perseroan yang tercatat pada tanggal 6 September 2019.

Pemegang saham utama Perseroan yakni PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk tidak akan melaksanakan haknya dalam PMHMETD IX ini.

Jika Saham dalam PMHMETD IX ini tidak seluruhnya diambil oleh pemegang HMETD, maka sisanya akan dialokasikan kepada pemegang HMETD lainnya yang melakukan pemesanan lebih dari haknya, secara proposional berdasarkan hak yang telah dilaksanakan.

Apabila setelah alokasi pemesanan saham tambahan, masih terdapat sisa saham maka saham tersebut tidak akan diterbitkan dari portepel.

Saham yang akan diterbitkan dalam rangka pelaksanaan PMHMETD IX ini merupakan saham baru yang akan dikeluarkan dari portepel serta akan dicatatkan di PT Bursa Efek Indonesia (BEI) dengan memperhatikan peraturan perundangan yang berlaku, saham-saham tersebut memiliki hak yang sama dan sederajat dalam segala hal (termasuk hak atas dividen) dengan saham lain Perseroan yang telah disetor penuh. Setiap HMETD dalam bentuk pecahan akan dibulatkan ke bawah (round down).

Jadwal sementara HMETD tersebut, diantaranya, tanggal Rapat Umum Pemegang Saham Tahunan (RUPST) pada 26 Juni 2019, Distribusi Sertifikat Bukti HMETD pada 9 September 2019, Tanggal Pernyataan Pendaftaran HMETD menjadi Efektif pada 27 Agustus 2019 Tanggal Pencatatan Saham di Bursa Efek Indonesia pada 10 September 2019

Sementara Tanggal Terakhir Pencatatan (Recording Date) untuk memperoleh HMETD pada 6 September 2019, Periode Perdagangan HMETD pada 10 – 17 September 2019, Tanggal Terakhir Perdagangan Saham Dengan HMETD (Cum-Right) Periode Pendaftaran, Pembayaran dan Pelaksanaan HMETD pada 10 – 17 September 2019.

Pasar Reguler dan Pasar Negosiasi pada 2 September 2019 Periode Penyerahan Saham Hasil, Pelaksanaan HMETD pada 12 – 19 September 2019, Pasar Tunai pada 6 September 2019, Tanggal Terakhir Pembayaran Pemesanan Saham Tambahan pada 19 September 2019,

Tanggal Mulai Perdagangan Saham Tanpa HMETD (Ex-Right) Tanggal Penjatahan pada 20 September 2019 Pasar Reguler dan Pasar Negosiasi pada 3 September 2019, Pasar Tunai pada 9 September 2019 Tanggal Pengembalian Uang Pemesanan pada 24 September 2019.(Romys)

Check Also

Turun Terus, BEI Suspensi Saham PT Pelat Timah Nusantara (NIKL)

EmitenNews.com – Bursa Efek Indonesia (BEI) akhirnya menghentikan sementara perdagangan saham PT Pelat Timah Nusantara …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

%d bloggers like this: