Telkom Siapkan Satelit Telkom 4, Mengorbit Pertengahan 2018

andi baco

Ekonomi Update, Emiten Update, Regulator Update, Rumor Monday, 28th August 2017 5:26:26 PM • 1 year ago


EmitenNews – PT Telekomunikasi Indonesia Persero Tbk memastikan peluncuran satelit telkom4 dilakukan dipertengahan tahun 2018. Peluncuran satelit ini bertujuan memberikan akses bagi seluruh masyarakat indonesia.

Pt Telekomunikasi Indonesia Persero Tbk mencatat kontribusi pendapatan dari seluruh satelit telkom yang dimiliki hingga saat ini hanya sebesar 0,6% atau sekitar Rp384 miliar dari total pendapatan perseroan disemester pertama tahun ini sebesar Rp64,02 triliun.

Direktur Utama PT Telekomunikasi Indonesia Persero Tbk  Alex J Sinaga mengatakan, tidak menutup kemungkinan akan menambah jumlah satelit yang dimiliki. Hal ini bertujuan mendukung aksesibilitas masyarakat Indonesia dari Sabang sampai Merauke. Untuk itu direncanakan peluncuran satelit telkom 4 akan dilakukan perseroan dipertengahan tahun mendatang.

“kita sudah mempersiapkan telkom 4. yang akan meluncur pertengahan tahun depan. kenapa butuh telkom 4. karena kita masih kekurangan satelit. negara kita memerlukan satelit karena kepulauan cukup besar dari Sabang sampai Merauke, ” ucap Alex Sinaga

Alex menambahkan saat ini perseroan telah memiliki satelit sebanyak 3 unit,  terdiri dari satelit Telkom 1, satelit Telkom 2 dan satelit Telkom 3s. peluncuran satelit telkom 4 ini direncanakan juga sebagai opsi mengganti operasi satelit telkom 1 yang saat ini sedang mengalami kendala.

Jajaran PT Telkom belum melansir kerugian akibat kendala yang menimpa Satelit Telkom 1 yang mengakibatkan sejumlah Transaksi di mesin Anjungan Tunai Mandiri (ATM) tidak berfungsi.