#
BI Pertahankan BI 7 Day Repo Rate 4,75%

Terbitkan Euro Bond dan Global Bond, Cadangan Devisa Berpotensi tembus USD 125 Miliar

EmitenNews – Penerbitan dua surat utang negara berdenominasi euro (euro bond) dan dollar Amerika (global bond) dalam waktu dekat akan menambah pundi-pundi cadangan devisa bagi negara.

Bank Indonesia memperkirakan cadangan devisa di bulan juli mampu menembus USD 125 Miliar. jika hal tersebut terealisasi maka akan mencatat rekor tertinggi sepanjang sejarah. Sebelumnya Cadangan devisa telah menembus rekor tertinggi USD 124,95 Miliar.

Deputi Gubernur BI Perry Warjiyo mengatakan, bank sentral optimis cadev bisa meningkat karena adanya penerbitan surat utang berdenominasi euro (euro bond) dan surat utang berdenominasi dolar as (global bond).

“Dengan aksi ini diharapkan cadev yang masuk bisa lebih tinggi dari data bulan-bulan sebelumnya,” ucap Perry Warjoyo di Jakarta, Jumat (14/7).

Posisi cadangan devisa pada akhir juni 2017 tersebut untuk membiayai 8,9 bulan impor atau 8,5 bulan impor dan pembayaran utang luar negeri pemerintah. BI menilai cadangan devisa tersebut mampu mendukung ketahanan sektor eksternal dan menjaga kesinambungan pertumbuhan ekonomi indonesia ke depan.

Selain itu, prospek ekspor yang baik optimisme terhadap perekonomian domestik yang tetap positif pasca pencapaian investment grade dan kondisi pasar keuangan global yang kondusif akan semakin mendukung penguatan cadangan devisa untuk menjaga ketahanan sektor eksternal. ke depan, bank indonesia akan terus menjaga kecukupan cadangan devisa guna mendukung terjaganya stabilitas makroekonomi dan sistem keuangan.

Check Also

Net Sell Rp684 Miliar Meski IHSG Melonjak 2 Persen. 3 Saham Ini Yang Masih Dijual Asing di Perdagangan Selasa (1/12)

EmitenNews.com – Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) di BEI hingga akhir perdagangan saham Selasa (1/12) …

%d bloggers like this: