#
Anwar Hafid dan Pasha Ungu. (Dok. Pikiran Rakyat).

Tidak dapat Dukungan Partai Pasha Ungu Harus Kubur Impiannya Mengikuti Pilkada Serentak 2020
Pemilihan Gubernur Sulawesi Tengah periode 2020-2025 akan diikuti dua pasangan; Rusdi Mastura – Ma’mun Amir, dan Hidayat Lamakarate-Bartholomeus

EmitenNews.com – Sigit Purnomo Said atau karib disapa Pasha Ungu harus mengubur impiannya mengikuti Pilkada Serentak 2020. Duet bakal calon Gubernur Sulawesi Tengah Anwar Hafid dan Wagub Pasha Ungu gagal memperoleh dukungan partai politik. Yang tersisa hanya Partai Demokrat untuk mereka, sedangkan parpol lainnya terbagi pada dua pasangan yang bakal bertarung dalam Pemilihan Gubernur Sulteng 2020-2025.

Jadwal pendaftaran 4-5 September 2020, yang dibuka Komisi Pemilihan Umum (KPU) Sulteng, akhirnya hanya menerima dua paket pasangan calon yang bakal bertarung head to head dalam Pilkada Serentak 2020, Rabu (9/12/2020). Sampai Sabtu (5/9/2020), Anwar-Pasha tak dapat dukungan parpol tambahan.

Rusdi Mastura – Ma’mun Amir diusung oleh Partai NasDem, dan Partai Golkar yang masing-masing memiliki 7 kursi di DPRD Sulteng. Disusul PKS, dan PKB masing-masing 4 kursi. Kemudian, Partai Hanura, PAN, dan Perindo masing-masing 2 kursi, ditambah PPP yang memiliki 1 kursi, dan Garuda.

Pasangan calon lainnya yang juga sudah mendaftar ke KPU, Hidayat Lamakarate-Bartholomeus. Duet ini didukung oleh Partai Gerindra dan PDI Perjuangan, serta Partai Bulan Bintang.

PAN dan PPP sebelumnya, bersama Demokrat dikabarkan akan mendukung Anwar-Pasha. Namun tidak adanya tambahan partai pengusung dipasangan ini membuat PPP dan PAN kemudian berbelok memberikan dukungan kepada Rusdi-Ma’mun. Partai Golkar, dan PDI Perjuangan yang awalnya digadang-gadang bakal memberi dukungan, ternyata tidak. Menjelang hari pendaftaran Golkar justru berlabuh kepada pasangan Rusdi-Ma’mun Amir. Sedangkan PDI Perjuangan menjatuhkan pilihannya pada Hidayat Lamakarate-Bartholomeus.

Dengan hanya didukung oleh Partai Demokrat, praktis Anwar Hafid-Pasha dipastikan tidak akan mengikuti Pilgub Sulteng 2020. Kursi partai politik pengusung tidak mencukupi untuk bertarung dalam pilkada serentak kali ini.

Dukungan parpol terbanyak diperoleh pasangan Rusdi Mastura dan Ma’mun Amir, seperti diungkap Wakil Ketua Bidang Media dan Komunikasi Publik DPW NasDem Provinsi Sulteng, Mohammad Hamdin, di Palu, Kamis (3/9/2020). Ia menyebutkan, koalisi tersebut dipimpin oleh Ketua DPRD Sulteng Hj Nilam Sari Lawira, yang juga istri dari Waketum DPP NasDem Ahmad Ali. ***

 

Check Also

Telah Beredar Dokumen RUU Cipta Kerja-Penjelasan Setebal 812 Halaman
Sekretaris Jenderal DPR RI, Indra Iskandar: draft tersebut merupakan hasil perbaikan terkini yang dilakukan DPR. Draf 812 halaman itu, telah memakai format legal

EmitenNews.com – Telah beredar dokumen dengan nama penyimpanan “RUU Cipta Kerja-Penjelasan” sejak Senin (12/10/2020) malam. …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

%d bloggers like this: