#
Ilustrasi kantor Direktorat Jenderal Pajak, Kementerian Keuangan. (Dok. strategi.id).

Tokopedia Tempati Posisi Pertama Perusahaan e-Commerce dan Fintech untuk Pembayaran Pajak
Masyarakat yang ingin membayar pajak melalui platform e-commerce dipersilahkan melalui sistem Modul Penerimaan Negara Generasi Ketiga

EmitenNews.com – Tokopedia tempati posisi pertama perusahaan e-commerce dan fintech yang dipilih masyarakat untuk pembayaran pajak. Kementerian Keuangan mencatat pembayaran pajak melalui flatform lain, mencapai Rp59,7 miliar per Jumat (11/10/2019). Itu dicapai dalam 1,5 bulan sejak Bukalapak, Tokopedia, dan Finnet Indonesia jadi agen pembayaran pajak.

“Saat ini penerimaan negara melalui lembaga persepsi lain, yang diluncurkan 23 Agustus, per hari ini, 11 Oktober atau sekitar satu setengah bulan lalu, totalnya sudah ada Rp59,7 miliar,” ujar Direktur Jenderal Perbendaharaan Negara Kementerian Keuangan, Andin Hadiyanto, Jumat (11/10/2019).

Dari total pembayaran hampir Rp60 miliar itu, transaksi mayoritas melalui Tokopedia, sampai 90 persen atau setara Rp53,73 miliar. Sebesar 8 persen-9 persen melalui Bukalapak dan sisanya 1 persen melalui Finnet Indonesia.

Secara keseluruhan Kemenkeu mencatat realisasi penerimaan perpajakan hingga Agustus 2019 mencapai Rp920,2 triliun. Jumlah itu baru mewakili 50,78 persen dari target APBN 2019 yang dipatok Rp1.786,4 triliun.

Kementerian Keuangan sudah menerima permohonan beberapa lembaga persepsi. Menurut Andin Hadiyanto, potensi pembayaran pajak lewat e-commerce sangat besar. Utamanya pembayaran pajak dari Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM), yang capaiannya bisa dibilang mewakili kepatuhan UMKM dalam membayar pajak.

Dari informasi yang dikumpulkan Sabtu (12/10/2019), pembayaran pajak untuk platform e-commerce ini dipersilahkan melalui sistem Modul Penerimaan Negara Generasi Ketiga (MPN G3). Versi penyempurnaan MPN G2 ini dapat menerima penyetoran penerimaan negara hingga 1.000 transaksi per detik atau meningkat signifikan dari sistem pendahulunya yang hanya 60 transaksi per detik.

Pengembangan MPN G3 dilakukan secara kolaboratif antara Kemenkeu dengan tiga perusahaan digital tersebut. MPN G3 juga menggandeng sejumlah bank serta pelaku fintech lain. ***

 

Check Also

Masyarakat Kini Punya Kesempatan Sama Akses Teknologi Digital Konektivitas Sangat Cepat
Presiden resmikan pengoperasian Palapa Ring, Senin (14/10/2019). Tol langit ini menghubungkan seluruh ibu kota di 514 kabupaten dan kota di Indonesia

EmitenNews.com – Masyarakat kini memunyai kesempatan sama mengakses teknologi digital dengan konektivitas sangat cepat. Presiden …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *