#

UKM Ciptakan Lapangan Kerja 108 Juta Orang

Emitennews,com- Sektor Usaha Kecil dan Menengah (UKM) atau Small & Medium Enterprises (SME’s) di Indonesia, menyumbang sekitar 60 persen dari PDB Indonesia dan menciptakan lapangan kerja untuk hampir 108 juta orang. Pertumbuhan sektor ini cukup besar, sehingga memiliki daya tarik tersendiri. Mulai dari industri perbankan hingga asuransi melakukan penetrasi terhadap UKM.

Uniknya, sebagai sektor yang mampu bertahan saat terjadinya krisis ekonomi, seringkali UKM terbentur dengan persoalan kredit dan pengembangan bisnis. Pemerintah melalui Kementerian Koperasi dan Usaha Kecil dan Menengah turut melakukan langkah-langkah aktif dalam memberikan kredit, program pemberdayaan, pembinaan dan dana bergulir. Untuk memberikan alternatif lain dalam permodalan bisnis UKM adalah dengan mendorong UKM untuk go public atau Initial Public Offering (IPO). Dengan masuk ke pasar modal, tata kelola UKM akan semakin efisien dan berdaya saing, ini akan memberikan daya tarik bagi investor di pasar modal.

Sinergi pasar modal dengan sektor UKM, akan menghasilkan hasil yang positif bagi perekonomian nasional. Saat ini, pasar modal memberikan kontribusi signifikan dan merupakan alternatif utama dalam pengembangan pembangunan ekonomi di Indonesia. Kontribusi industri pasar modal ke penerimaan pajak 2016 mencapai Rp 110 triliun atau sekitar 9,95 persen dari realisasi penerimaan pajak 2016 yang mencapai Rp 1.105 triliun. Adapun kontribusi terbesar berasal dari emiten saham yang mencapai Rp 89,7 triliun. Dan dividen saham berkontribusi sebesar Rp 12,99 triliun. Dengan masuknya sektor UKM yang menyumbang 60 persen PDB ke pasar modal, maka dapat dipastikan hal ini akan memiliki dampak signifikan bagi perekonomian nasional dan masyarakat.

Check Also

Bank Panin Dubai Syariah (PNBS) Rights Issue Harga Rp100 Per Saham, Rasio 100 : 62. Ini Jadwal Pelaksanaannya

EmitenNews.com- PT Bank Panin Dubai Syariah Tbk. (PNBS) menyampaikan rencana penerbitan Hak Memesan Efek Terlebih …

%d bloggers like this: