#
Pakar virus (virolog) Moh Indro Cahyono. (Dok. Media Indonesia).

Virus Corona Bisa Melayang di Udara Hingga Tiga Jam Benar Adanya, Tetapi tidak di Indonesia
Pakar virus (virolog) Moh Indro Cahyono menyebutkan, di daerah tropis seperti Indonesia dengan suhu rata-rata 26 derajat Celsius, jelas tidak mungkin virus hidup di udara

EmitenNews.com – Informasi tentang virus corona (Covid-19) bisa menyebar, bertahan dan melayang di udara hingga tiga jam, sebelum jatuh ke permukaan, benar adanya. Itu diperkuat dengani studi terbaru seperti dilansir laman harvard.edu virus Corona Covid-19. Tetapi, itu di daerah dengan suhu udara 10-15 derajat celsius. Di daerah tropis seperti Indonesia dengan suhu rata-rata 26 derajat Celsius, jelas tidak mungkin.

Dalam keterangannya di berbagai media yang dikutip Selasa (24/3/2020), Pakar virus (virolog) Moh Indro Cahyono menyebutkan, fakta virus corona bisa bertahan di udara sampai tiga jam, kurang pas jika diterapkan dalam konteks di Indonesia. Karena, virus asal Wuhan, Hubei, China tersebut, hanya bertahan dalam suhu dingin.

Situasi itu yang menjawab mengapa di Italia dengan suhunya 6 derajat Celsius pasien banyak meninggal. Semakin banyak paparan, kemungkinan masuk tubuh manusia yang berisiko itu, lebih banyak. Di Indonesia virus relatif lebih mudah dan cepat mati di udara.

Selain itu, kata Indro, ada syarat lain virus bisa menular di udara. Virus itu juga mungkin disebarkan lewat udara, tapi ada tiga syarat; di ruangan tertutup tanpa ventilasi, disemburkan berkali-kali, dan jumlah virus yang disemburkan itu dalam konsentrasi sangat tinggi. ***

 

Check Also

Hari Ini, Jiwasraya Bayar Klaim 15 Ribu Nasabah Sebesar Rp470 Miliar

EmitenNews.com – PT Asuransi Jiwasraya (Persero)  akhirnya mulai membayarkan klaim nasabah untuk tahap pertama pada …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

%d bloggers like this: