#
Direksi PT Waskita Beton Precast Tbk (WSBP) dalam Rapat Umum Pemegang Saham Tahunan (RUPST), di Menara Bidakara, Jakarta, Rabu (24/4/2019). Dari kiri ke kanan: Direktur Pemasaran Agus Wantoro, Direktur Human Capital & Siatem Munib lusianto, Direktur Utama Jarot Subana, Direktur Keuangan Anton Y Nugroho, dan Direktur Produksi Yudhi Dharmawan. (Dok. WSBP).

WSBP Tetapkan 50 Persen Laba Bersih Dibagikan Kepada Pemegang Saham
RUPST PT Waskita Beton Precast Tbk: pembagian dividen kepada Pemegang Saham 50 persen atau Rp551.607.222.015 masing-masing Rp22,5 per saham

EmitenNews.com – PT Waskita Beton Precast Tbk (WSBP) menetapkan 50 persen laba bersih dibagikan kepada para pemegang saham. Keputusan itu diambil dalam Rapat Umum Pemegang Saham Tahunan (RUPST), di Menara Bidakara, Jakarta, Rabu (24/4/2019). RUPST membahas sedikitnya delapan agenda. Soal pembagian dividen masuk mata acara kedua.

RUPST memutuskan dividen yang dibagikan kepada Pemegang Saham sebesar 50 persendari laba bersih atau Rp551.607.222.015. Dengan demikian, jumlah dividen per saham yang didapatkan masing-masing pemegang saham, Rp22,5.

Dalam rilis Rabu (24/4/2019), Jarot Subana, Direktur Utama PT Waskita Beton Precast Tbk menyatakan, WSBP membukukan cashflow operasional positif signifikan sekitar Rp1,8 triliun. Kondisi ini menjadi modal  kuat bagi WSBP pada 2019. Ini disebabkan karena rasio posisi utang berbunga terhadap modal WSBP yang masih 0,7x, masih jauh dari batas yang ditentukan 2,5x.

Sepanjang 2018, PT Waskita Beton Precast Tbk (WSBP) berhasil membukukan pendapatan usaha Rp 8,0 triliun. Ada kenaikan 13 persen dibandingkan pendapatan usaha 2017 sebesar Rp7,1 triliun. Selain itu, perusahaan berhasil mencatatkan laba bersih Rp1,1 triliun atau naik 10 persen dari perolehan laba bersih tahun sebelumnya sebesar Rp1,0 triliun.

Untuk penerimaan pembayaran termin selama 2018 sebesar Rp11,4 triliun atau naik 148 persen dari penerimaan pembayaran termin tahun 2017 sebesar Rp4,6 triliun. Penerimaan pembayaran termin ini dari pekerjaan tambahan sejumlah proyek jalan tol, juga berbagai proyek lainnya.

Proyek tersebut antara lain, Jalan Tol  Bekasi-Cawang-Kampung Melayu, proyek Jalan Tol  Batang-Semarang, proyek Jalan Tol  Krian-Legundi-Bunder-Manyar (KLBM). Lainnya, proyek Jalan Tol Pematang Panggang – Kayu Agung (PPKA), proyek Jalan Tol Terbanggi Besar – Kayu Agung.

Dari sisi perolehan nilai kontrak baru pada 2018 sebesar Rp6,7 triliun. Angka ini melampaui target NKB 2018 sebesar Rp6,56 triliun. Perolehan nilai kontrak baru ini dari beberapa proyek besar yang tengah disuplai oleh WSBP. Yaitu, Proyek Jalan Tol Pekanbaru-Dumai, Tebing Tinggi-Parapat, dan proyek lainnya. Dengan begitu, nilai kontrak dikelola WSBP hingga akhir 2018 Rp17,34 triliun.

Selain soal pembagian dividen, rapat juga membahas agenda lainnya. Yaitu, Persetujuan Laporan Tahunan Perseroan termasuk Pengesahan Laporan Keuangan dan Laporan Tugas Pengawasan Dewan Komisaris untuk Tahun Buku yang berakhir pada 31 Desember 2018.

Lainnya, Persetujuan Pemegang Saham untuk melimpahkan Kewenangan kepada Dewan Komisaris Perseroan perihal penunjukan Kantor Akuntan Publik yang akan melakukan Audit Laporan Keuangan Perseroan untuk Tahun Buku yang berakhir pada 31 Desember 2018.

Lalu, Penetapan besarnya gaji Direksi, Honorarium Dewan Komisaris, dan Tantiem bagi Anggota Direksi dan Dewan Komisaris Perseroan, Laporan Realisasi Penggunaan Dana Hasil IPO (Initial Public Offering).

Persetujuan penjaminan lebih dari 50 persen dari laba bersih Perseroan saat ini dan akan datang dalam rangka mendapatkan fasilitas yang akan diterima Perseroan dari Lembaga Keuangan Bank, Lembaga Keuangan Bukan Bank dari Masyarakat (melalui Efek selain Efek bersifat Ekuitas melalui Penawaran Umum).

Setelah itu, Persetujuan perubahan anggaran dasar Perseroan, dan Persetujuan pengukuhan keputusan Menteri BUMN. ***

Check Also

Pesan Menteri BUMN Untuk Dua Karyawan Jujur PT KCI; Hadiah Pulsa Jangan Dipakai untuk Mobile Legend
Sebelumnya, dua karyawan alihdaya PT Kereta Commuterline Indonesia itu, bertindak jujur dengan mengembalikan kantong plastik berisi uang tunai Rp500 juta milik penumpang yang ditemukan di gerbong KRL

EmitenNews.com – Menteri BUMN Erick Thohir meminta Mujenih, dan Egi Sandi Saputra, dua pekerja alihdaya …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

%d bloggers like this: