#
Direktur Utama KSEI Friderica Widyasari Dewi (tiga dari kanan) saat peresmian S-Invest di Gedung BEI, Agustus 2016. Foto: EN

Yiha! Jumlah Investor Pasar Modal Tembus Satu Juta

EmitenNews – Jumlah investor di pasar modal Indonesia akhirnya menembus angka psikologis satu juta. Angka tersebut belum mencapai 1 persen dari total masyarakat Indonesia. Bukti penetrasi pasar modal masih harus ditingkatkan agar lebih merata.

PT Kustodian Sentral Efek Indonesia (KSEI) mencatat, angka pemilik Single Investor Identification (SID) telah mencapai 1.000.289 sampai dengan Rabu, 7 Juni 2017. Jumlah tersebut merupakan jumlah SID terkonsolidasi yang terdiri dari investor pemilik Saham, Surat Utang, Reksa Dana, Surat Berharga Negara (SBN) dan Efek lain yang tercatat di KSEI.

SID merupakan identitas tunggal yang wajib dimiliki oleh investor pasar modal. Penerapan kewajiban SID tersebut berlaku sejak tahun 2012.

Pada tahun 2016, jumlah investor yang tercatat di KSEI semakin terkonsolidasi melalui implementasi Sistem Pengelolaan Investasi Terpadu (S-INVEST) dan ditunjuknya KSEI sebagai SID Generator untuk investor Surat Berharga Negara pada Oktober 2016.

”Jumlah investor yang telah melebihi satu juta tersebut merupakan pencapaian yang luar biasa bagi pasar modal di Indonesia. Hal tersebut tidak lepas dari upaya regulator pasar modal untuk memberikan kemudahan dan kenyamanan berinvestasi melalui pengembangan infrastruktur, pelaksanaan edukasi dan sosialiasi pasar modal di berbagai daerah, serta kontribusi dari seluruh pelaku pasar,” kata Direktur Utama KSEI, Friderica Widyasari Dewi, Kamis (08/06).

Perempuan biasa disapa Kiki itu mengakui bahwa setelah penerapan S-INVEST, konsolidasi data SID semakin baik dan mampu meningkatkan jumlah investor pasar modal hingga kali dua lebih banyak. ”Sebelum ada S-INVEST, jumlah investor yang tercatat di KSEI berkisar antara 400 ribu sampai 500 ribu, kemudian melonjak menjadi 800 ribu pada Agustus tahun lalu,” ungkapnya.

Mengetahui perkembangan data investor secara riil merupakan kebutuhan bagi industri. Sebab jumlah investor merupakan salah satu indikator utama dari pertumbuhan pasar atau industri pasar modal Indonesia itu sendiri.

Kiki menuturkan, pemilik SID saat ini masih didominasi oleh investor pemilik saham, obligasi atau Efek bersifat utang lainnya yang mencapai 580.685 SID. Sementara itu, sebanyak 523.309 SID merupakan investor Reksa Dana.

Secara keseluruhan, jumlah investor di pasar modal telah meningkat 12 persen dari 894.116 di tahun 2016 menjadi 1.000.289 per 7 Juni 2017.

Dari sisi kepemilikan, investor lokal telah mendominasi sebesar 51,14 persen dibandingkan komposisi kepemilikan investor asing sebesar 48,86 persen.

KSEI bersama dengan SRO lainnya, kata Kiki, akan terus berupaya mendongkrak pertumbuhan investor. ”Jumlah investor pasar modal kurang dari 1 persen dari total jumlah penduduk Indonesia. Persebarannya pun belum merata karena masih terkonsentrasi di pulau Jawa sebesar 77 persen,” akunya.

Namun, menurut dia, dengan jumlah penduduk yang cukup besar dan potensi pasar yang terus dikembangkan, diharapkan jumlah SID ke depannya dapat terus meningkat.

Check Also

Net Sell Rp31 Miliar, IHSG Turun 0,38 Persen. Saham TLKM, BBRI dan UNTR Yang Dijual Asing di Sesi I

EmitenNews.com – Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) di BEI hingga akhir sesi I perdagangan saham …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

%d bloggers like this: