#
Ilustrasi pesawat Garuda Indonesia. Hari ini, Rabu (22/1/2020), Rapat Umum Pemegang Saham Luar Biasa (RUPSLB) PT Garuda Indonesia (Persero) Tbk (GIAA) digelar. Agendanya, pergantian pengurus perusahaan yang saat ini dipegang oleh Pelaksana Tugas (Plt) Dirut Fuad Rizal, sejak Jumat (6/12/2019).(Dok. Uzone).

YLKI Sayangkan Garuda Langsung Laporkan Dua YouTuber atas Pencemaran Nama Baik
Ketua YLKI Tulus Abadi mengimbau konsumen lebih berhati-hati saat melancarkan kritik melalui media sosial terhadap pelaku usaha

EmitenNews.com – Yayasan Lembaga Konsumen Indonesia (YLKI) menyayangkan sikap PT Garuda Indonesia (Persero) yang langsung melaporkan YouTuber Rius Vernandes dan kekasihnya Elwiyana Monica atas dugaan pencamaran nama baik. Polisi menjadwalkan pemeriksaan, Rabu (17/7/2019) pagi, tetapi keduanya meminta penundaan, Selasa (23/7/2019).

Kepada pers, Rabu, Ketua harian YLKI Tulus Abadi mengatakan, seharusnya pihak Garuda melakukan mediasi terlebih dahulu dengan dua konsumennya itu. Dengan begitu, kata dia, tidak sampai menimbulkan ketakutan konsumen untuk merevisi sebuah pelayanan.

Meski begitu, Tulus mengimbau konsumen lebih berhati-hati saat melancarkan kritik melalui media sosial terhadap pelaku usaha. Masalahnya, apa yang dimaksudkan konsumen, dalam hal ini, Rius dan kekasihnya itu, bisa saja ditanggapi berbeda pihak Garuda. Masalahnya bakal jadi rumit, karena yang berkeberatan berhak melaporkan dengan dalil Undang-undang No 11 tahun 2008 tentang Informasi dan Transaksi Elektronik (ITE).

Seperti diketahui Serikat Karyawan Garuda Indonesia (Sekarga) melaporkan Rius dan Elwiyana atas dugaan pencamaran nama baik. Laporan itu merujuk pada materi yang diposting Rius melalui Instagram Story dan kanal YouTube terkait kartu menu kelas bisnis maskapai penerbangan Garuda yang hanya berupa tulisan tangan di atas selembar kertas.

Saat itu, Rius dan sang kekasih berada dalam penerbangan Garuda rute Sidney-Denpasar. Di YouTube juga, Rius mengungkapkan kekecewaannya karena kehabisan stok white wine, selain merekam video penumpang lain yang punya kekecewaan sama.

Ketua Harian Sekarga Tomy Tampatty menyebutkan postingan Rius itu menyebabkan kerugian perseroan, sehingga mereka melapor ke polisi. Unggahan postingan di media social itu, tidak proporsional mengenai peristiwa yang terjadi, dan menimbulkan persepsi negatif masyarakat atas layanan Garuda Indonesia sebagai National Flag Carrier Indonesia.

Kasat Reskrim Polresta Bandara Soekarno Hatta AKP Akhmad Alexander Yurikho Hadi mengatakan, keduanya disangkakan melanggar Pasal 27 Ayat 3 jo Pasal 45 Ayat 3 dan atau Pasal 28 Ayat 1 jo Pasal 45A Ayat 1 Undang-Undang Nomor 11 Tahun 2008 tentang Informasi dan Transaksi Elektronik dan atau Pasal 310 dan atau Pasal 311 KUHP.

Rencananya, polisi akan memeriksa Rius dan Elwiyana sebagai terlapor, Rabu (17/7/2019), pukul 10.00 WIB. Tetapi, sang YouTuber Rius Vernandes tak bisa memenuhi panggilan polisi. Kata AKP Akhmad, karena kesibukan pekerjaan yang tidak bisa ditinggalkan, yang bersangkutan berjanji menghadap Selasa, 23 Juli 2019. ***

 

Check Also

Kalbe Farma Tbk (KLBV) Kembangkan Obat Terapi Anemia Ginjal Kronis

EmitenNews.com – PT Kalbe Farma Tbk (Kalbe) melalui anak usaha Kalbe Genexine Biologics mengembangkan obat …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

%d bloggers like this: