#

Ada Temuan Dana Siluman Triliunan, BEI Akan Panggil Manajemen PT Tiga Pilar Sejahtera Food (AISA)

EmitenNews – Bursa Efek Indonesia (BEI) akan memanggil manajemen PT Tiga Pilar Sejahtera Food Tbk (AISA) terkait hasil audit investasi dalam laporan keuangan tahun 2017 telah dipublikasikan.

Manajemen Bursa Efek Indonesia (BEI) akan melakukan penelaahan terlebih dahulu atas laporan audit investasi untuk dimintakan klarifikasinya.

Direktur Penilaian Perusahaan BEI, I Nyoman Yetna Setia mengungkapkan jika dari hasil kajian itu bursa akan memetakan persoalan untuk dipertanyakan kepada manajemen AISA. BEI pun akan memanggil manajemen AISA untuk dimintakan klarifikasinya.

“Kami akan petakan dulu masalahnya, setelah itu kami minta tanggapan manajemen AISA dan langkah apa yang akan di ambil manajemen terhadap temuan itu, kita minta klarifikasi. Pemanggilan itu terjadi saat klarifikasi,” katanya, di Jakarta, Rabu (27/3/2019).

Sebagai informasi, Kantor Akuntan Publik berafiliasi dengan Ernst &Young dalam laporan auditnya menemukan kelebihan pengakuan atau overstatement piutang, persedian dan aset tetap Grup TPSF sebesar Rp4 triliun.

Temuan tersebut hanya satu dari sekian temuan lain. Menurut Akuntan Publik Deni R Tama bahwa penjualan juga terdapat kelebihan pengakuan sebesar Rp662 miliar, serta EBITDA entitas Food sebesar Rp329 miliar.

Disamping itu terdapat dugaan aliran dana sebesar Rp1,78 triliun dari grup TPSF kepada pihak pihak yang terafiliasi dengan manajemen lama. Rincinya, aliran dana tersebut dengan menggunakan pencairan pinjaman grup TPSF dari beberapa bank oleh pihak terafiliasi grup TPSF.

Padahal, dalam laporan keuangan 2017 AISA hal itu tidak dicantumkan sebagai transaksi terafiliasi. Sehingga berpotensi melanggar peraturan terakiat transaksi afiliasi dan benturan kepentingan transaksi tertentu.

Check Also

Turun Terus, BEI Suspensi Saham PT Pelat Timah Nusantara (NIKL)

EmitenNews.com – Bursa Efek Indonesia (BEI) akhirnya menghentikan sementara perdagangan saham PT Pelat Timah Nusantara …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

%d bloggers like this: