#

AEI : UU Cipta Kerja Buat Investor Bahagia dan IHSG Menghijau
sebelum UU itu disahkan, IHSG berada di level 4.900-an, namun pasca disahkan IHSG tembus level 5.100-an. Unkap Irwan

EmitenNews.com- Para pengusaha mengklaim dengan disahkannya Undang-undang (UU) Cipta Kerja membuat para investor sumringah. Menurut para pengusaha, investor langsung percaya diri untuk menanamkan dananya ke dalam negeri.

Ketua Umum Asosiasi Emiten Indonesia (AEI) Iwan Setiawan Lukminto menerangkan, kepercayaan diri para investor itu tercermin dari kenaikan Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) yang terus naik pasca disahkannya UU Cipta Kerja.

Ia menuturkan, sebelum UU itu disahkan, IHSG berada di level 4.900-an, namun pasca disahkan IHSG tembus level 5.100-an. Unkap Irwan pada Konfrensi Pers Bersama Kadin,Hipmi dan Apindo di Jakarta, Kamis (15/10).

“tanggal 5 Oktober itu sudah ada penyerahan draft saat ini respons terhadap market itu luar biasa terhadap UU Ciptaker. Kenaikan IHSG sampai tanggal 14 ini lebih dari 5 persen. Investor nanyain ini terus kapan-kapan dan akhirnya pemerintah deliver jadi investor global pun dan sentimen positif ini pun luar biasa,” ujar Iwan dalam konferensi pers di Menara Kadin, Kamis (15/10/2020).

Menurutnya, dengan UU ini memudahkan investor untuk membuka usahanya di Indonesia. Apalagi, tambahnya perizin sangat dimudahkan, sehingga makin mengundang investor berinvestasi.

“Karena Indonesia ini tempat investasi yang menarik bagi investor dan itu sudah dijawab oleh keseriusan pemerintah dalam mereformasi strukural dan tujuan mempercepat pertumbuhan ekonomi ini,” ucap dia.

Namun demikian, Iwan melihat tak semua investor global yang ingin berinvestasi. Ia mengamati, investor yang penopang pasar modal Indonesia untuk bergerak naik atau bullish.

“Kalau yang saya tahu, untuk tear 1 investor itu kebanyakan bullish terhadap Indonesian Dan kedua ini mungkin untuk geoplitik juga. Lalu juga untuk mengurangi kekuatan dari china. Dan mencari negara-negara lain yang attractive untuk investasi,” jelas dia.

Dalam kesempatan yang sama, Ketua Umum Apindo Hariyadi Sukamdani menambahkan, dengan UU ini banyak masyarakat dan investor nyaman untuk berinvestasi.

“Jadi kalau masya sudah merasa nyaman untuk melakukan aktivitas maka mereka bergerak. Ini yang ditunggu respons pasarnya,” pungkas dia.

Check Also

Menimbang Pentingnya Keberlangsungan Usaha, Apindo Usul Pemerintah Turunkan Harga BBM Industri
Ketua Umum Apindo, Hariyadi Sukamdani menekankan keberlangsungan usaha dapat diupayakan, salah satunya dengan menurunkan harga BBM industri, tarif listrik, dan gas sebagai efisiensi produksi

EmitenNews.com – Menimbang pentingnya keberlangsungan usaha, Asosiasi Pengusaha Indonesia (Apindo) mengusulkan agar pemerintah menurunkan harga …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

%d bloggers like this: