Ayo Siap-siap Beli Rumah Samawa Program DP Rp0 dari Pemprov DKI

Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan menyebutkan sebanyak 51,7 persen warga Jakarta tidak memiliki rumah tinggal milik

M Nasir

Ekonomi Update, Makro & Moneter Friday, 12th October 2018 6:17:25 PM • 1 week ago


EmitenNews – Ayo siap-siap beli rumah Samawa yang diluncurkan Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan, di Klapa Village, Jakarta Timur, Jumat (12/10/2018) siang. Tetapi, program rumah DP (down payment) Rp0 itu, khusus untuk masyarakat berpenghasilan rendah. Rumah susun program Pemerintah Provinsi DKI Jakarta itu, bisa dipesan mulai 1 November 2018.

“Ini hari bersejarah, karena program rumah DP Rp0 resmi diluncurkan. Pergub-nya sudah keluar, Nomor 104 Tahun 2018,” kata Gubernur Anies Baswedan usai meluncurkan program tersebut, Jumat (12/10/2018).

Anies berharap, program rumah uang muka nol rupiah itu, bisa menjadi bantuan kepada warga DKI, khususnya masyarakat berpenghasilan rendah (MBR) yang belum memiliki rumah. Dengan peluncuran program itu, Gubernur berupaya merealisasikan janji-janji selama masa kampanye bersama wakilnya, Sandiaga Salahuddin Uno, yang juga Cawapres nomor urut 02.

“Sekali lagi ini untuk jawab kebutuhan 51,7 persen warga Jakarta yang tidak memiliki rumah tinggal milik. Dengan program ini InsyaAllah mereka, satu per satu bisa memiliki rumah tinggal. Saya gariskan, semua rencana program janji-janji, kami tunaikan satu-satu. Hari ini janji DP Rp 0 kami tunaikan,” ujarnya.

PLT Kepala Dinas Perumahan dan Permukiman DKI, Meli Budiastuti mengatakan, peluncuran di Jakarta Timur ini sebagai bentuk sosialisasi. Nantinya pendaftaran pemesanan dibuka selama satu bulan, mulai awal November 2018. “Sekarang masih masa sosialisasi kepada masyarakat. Semua warga yang memenuhi syarat bisa ikut. Sasaran kami ialah MBR.”

Pendaftaran pemesanan bisa dilakukan secara offline maupun online. Untuk offline, warga dipersilahkan mendatangi kantor Dinas Perumahan Rakyat dan Kawasan Permukiman DKI dan 5 kantor wali kota. Untuk online bisa diakses di dp0rupiah.jakarta.go.id. “Untuk dekatkan ke warga nanti akan dibuka desk di masing-masing kantor wali kota.”

Dalam peluncuran, Anies Baswedan memberi nama hunian itu Samawa. Mantan Menteri Pendidikan itu mengatakan, nama itu harus punya makna dan makna itu harus sesuai pesan, namanya bermakna, maknanya berpesan. “Setelah cari sana sini solusi rumah warga namanya adalah Samawa.”

Samawa memiliki terminologi khusus. Bisa mendatangkan kedamaian dan kecintaan di dalam hunian. Maknanya adalah sebuah tempat yang memberikan kedamaian, cinta kasih, ketenangan, dan kebahagiaan. Anies ingin hunian ini bermakna ‘home’. Harapannya bisa menghadirkan suasana Samawa. Ia menginginkan, mereka yang dapat kesempatan ikut program ini bisa memiliki keluarga tenang dan hidup sejahtera.

“Ini bukan sekedar rumah dalam artian house, ini rumah, home, ini yang kita dorong sama-sama. Jadi program ini harapannya membuat ketenangan. Bukan hanya punya rumah tapi ditempati menghasilkan suasana keluargaan yang samawa,” urai bekas Rektor Universitas Paramadina Jakarta itu. ***

 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *