#
Direktur Utama BRI, Sunarso. (Dok. Strategi.id).

Begini Peran Besar PT Bank Rakyat Indonesia Tbk (BBRI) dalam Pecepatan Pemulihan Ekonomi
Sejak awal pandemi covid-19, BRI fokus membantu pelaku UMKM. Sejauh ini, BRI telah merestrukturisasi pinjaman senilai Rp179,17 triliun kepada 2,88 juta pelaku UMKM

EmitenNews.com – Begini peran besar PT. Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk (BBRI) dalam upaya percepatan pemulihan ekonomi nasional (PEN). Sebagai bank yang fokus terhadap pemberdayaan Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM), BRI konsisten mengupayakan penyelamatan dan membangkitkan UMKM akibat dampak pandemi Covid-19.

Direktur Utama BRI, Sunarso mengemukakan hal tersebut dalam acara penandatanganan nota kesepahaman dengan PT Telkom, di Kantor Pusat BRI, Jakarta, Kamis (30/7/2020). Hadir dalam acara penting itu, Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN), Erick Thohir dan Wakil Menteri BUMN II, Kartika Wirjoatmodjo, dan undangan lainnya.

Sejak awal pandemi covid-19, BRI memfokuskan diri untuk membantu pelaku UMKM, sebagai tulang punggung perekonomian nasional. Menurut Sunarso, hal pertama yang dilakukan BRI adalah gencar melakukan restrukturisasi pinjaman. Sejauh ini, BRI telah merestrukturisasi pinjaman senilai Rp179,17 triliun kepada 2,88 juta pelaku UMKM.

Upaya lain perseroan, memastikan para pelaku UMKM tetap mampu melakukan aktivitas ekonominya dengan memberikan tambahan modal usaha. Dalam satu bulan, BRI mampu menyalurkan pinjaman dari penempatan dana PEN dua kali lipat, yakni Rp24,94 triliun kepada 583 ribu pelaku UMKM.

“Ini sesuai janji, BRI menargetkan untuk meningkatkan pinjaman Rp30 triliun dalam tiga bulan. Upaya ini untuk meningkatkan kembali kemampuan ekonomi UMKM, sehingga roda ekonomi terus berputar,” kata Sunarso.

Untuk mempercepat penyaluran subsidi bunga dalam penyaluran kredit usaha rakyat (KUR) dan non KUR, BRI berkoordinasi dengan Kementerian Keuangan, dan Kementerian Koperasi dan UKM. BRI menyalurkan stimulus tambahan subsidi bunga Rp752,1 miliar kepada 5,25 juta rekening pinjaman KUR dan non KUR. Tujuannya, meringankan beban para pelaku UMKM. ***

 

Check Also

Secara Teori, Ekonomi Nasional tak Mungkin Pulih dari Pandemi Covid-19 Jika UMKM tidak Segera Dipulihkan

EmitenNews.com – Secara teori, ekonomi nasional tidak mungkin pulih dari hantaman pandemi covid-19 jika Usaha …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

%d bloggers like this: