#
Presiden Joko Widodo bersama Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat Basuki Hadimuljono berkunjung ke Bukit Soeharto Kalimantan Timur. (Dok. Liputan6.com).

Begini Tahapan Sayembara Desain Ibu Kota Negara di Kalimantan Timur
Sayembara mendesain ibu kota negara baru dilaksanakan dua tahap, dalam negeri dan internasional mulai 11 Oktober sampai 22 Desember 2019

EmitenNews.com – Begini tahapan sayembara desain ibu kota negara di Kalimantan Timur. Tahap awal, pengumuman dan pendaftaran pada 2-11 Oktober 2019.  Proses sayembara selama tiga bulan, mulai 11 Oktober hingga 22 Desember 2019. Sayembara mendesain ibu kota negara baru itu, dilaksanakan dua tahap, dalam negeri dan internasional.

Kepala Biro Komunikasi Publik Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Endra S Atmawidjaja kepada pers, Sabtu (28/9/2019), mengungkapkan, sepanjang periode tersebut dilaksanakan penyusunan dan pemasukan karya, hingga tahap evaluasi sampai penjurian. Pengumuman dan penetapan pemenang sayembara paling lambat minggu ketiga Desember 2019.

Jadi, kata Endra, akhir Desember sudah ada basic desain yang terpilih tiga. Dari tiga itu, disayembarakan lagi di tingkat internasional. Ia menyebutkan, sifatnya pengayaan, penajaman, dan bisa saja ada pengembangan dari desain itu.

Dalam kurun waktu 1 Januari hingga 31 Agustus 2020 memasuki tahapan penyusunan urban design. Saat yang sama, dibuka sayembara internasional, awal Januari hingga akhir Maret 2020. Terakhir, awal April hingga akhir Agustus 2020 dilakukan pengayaan rancang kota, dengan menggabungkan hasil sayembara internasional dengan dalam negeri.

Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat Basuki Hadimuljono menjelaskan, desain ibu kota baru yang selama ini telah beredar di masyarakat bukanlah desain final.  Desain tersebut hanyalah gambaran atas sejumlah kriteria yang diinginkan pemerintah dalam merencanakan dan mengembangkan ibu kota baru, mengusung konsep smart dan green city.

Menteri Basuki mengatakan, rencana desain ibu kota sudah disiapkan dan dilaporkan tahapannya kepada Presiden. Ia memastikan pihaknya transparan agar semua bisa berkontribusi. “Karena ini ibu kota negara, tidak bisa tertutup pada orang maupun company untuk mendesain.”

Pemerintah tengah mencari juri yang akan terdiri atas 7-9 orang dari berbagai latar belakang, mulai dari unsur pemerintah, praktisi, hingga akademisi.  Setelah itu, kriteria sayembara dimatangkan para dewan juri tersebut untuk mendapatkan hasil atau gambaran lebih komprehensif.

“Sayembara akan dibuka secara nasional. Jadi semua orang boleh ikut, mungkin ratusan orang, semua bisa berkontribusi. Dari situ dipilih tiga karya, dan juri akan memutuskan tiga dari nasional,” katanya. ***

 

Check Also

Kebutuhan Anggaran Untuk Membangun Sarana Perkeretaapian di Ibu Kota Baru Rp209 Triliun
Sekretaris Jenderal Kementerian Perhubungan Djoko Sasono: Dana sebesar itu untuk membangun stasiun, KA subway, KRL, jalur kereta api dan pengadaan kereta listrik

EmitenNews.com – Kebutuhan anggaran untuk pembangunan sarana transportasi di ibu kota baru lumayan besar. Untuk …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

%d bloggers like this: