#
Bursa Efek Indonesia. (Dok. EmitenNews.com).

BEI Pelototi Saham Majapahit Inti Corpora Tbk (AKSI)

EmitenNews.com – PT Bursa Efek Indonesia (BEI) tengah mencermati saham PT Majapahit Inti Corpora Tbk (AKSI) karena volume transaksi dan harga saham AKSI melonjak dalam tiga pekan terakhir.

Mengutip keterbukaan informasi publik seperti diberitakan Senin (30/9), langkah tersebut dilakukan oleh BEI karena adanya aktivitas di luar kewajaran atau unusual market activity (UMA) atas saham PT Majapahit Inti Corpora Tbk (AKSI).

Seperti diketahui, harga saham AKSI naik 17,21 persen ke Rp 715 per saham dari harga penutupan hari sebelumnya. Dalam tiga pekan, harga saham Majapahit Inti Corpora melejit 131 persen.

Kepala Divisi Pengawasan Transaksi BEI Lidia M. Panjaitan dan PH Kepala Divisi Pengaturan dan Operasional Perdagangan BEI Mulyana mengatakan, BEI telah meminta konfirmasi kepada AKSI pada 13 September 2019 lalu.

Sementara, AKSI pun telah memberikan penjelasan atas volatilitas saham pada 24 September 2019. Menurutnya, perseroan tidak mengetahui informasi atau fakta material yang dapat mempengaruhi nilai efek.

AKSI pun mengungkapkan tidak mengetahui aktivitas pemegang saham tertentu. AKSI juga mengatakan belum ada rencana untuk melakukan aksi korporasi apa pun.

Sebelumnya, BEI telah mengumumkan adanya UMA pada saham Majapahit Inti Corpora tanggal 31 Agustus 2018. BEI pun menghentikan sementara perdagangan saham AKSI untuk cooling down pada 4 September 2018. Setelah itu, BEI menghentikan sementara perdagangan saham AKSI di pasar reguler dan pasar tunai pada 6-26 September 2018.

Diharapkan, para investor memperhatikan jawaban perusahaan tercatat atas permintaan konfirmasi BEI. Investor juga diharapkan untuk mencermati kinerja perusahaan tercatat dan keterbukaan informasinya.

Investor perlu mengkaji kembali rencana aksi korporasi emiten bila rencana tersebut belum mendapatkan persetujuan rapat umum pemegang saham.

Terakhir, investor perlu mempertimbangkan berbagai kemungkinan yang dapat timbul di kemudian hari sebelum melakukan pengambilan keputusan investasi. (Romys)

Check Also

Lippo Grup Bantah Rumor Keluar Dari OVO

EmitenNews.com – Lippo Group membantah terkait berita miring atau rumor yang mengabarkan bahwa Lippo Group …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

%d bloggers like this: