#
Ketua Kadin Indonesia Rosan Perkasa Roeslani. (Dok. Tribunnews).

Beredar Daftar Nama Calon Dubes, Ketua Kadin Rosan Perkasa Dikabarkan untuk Amerika Serikat
Wakil Ketua DPR Sufmi Dasco Ahmad mengungkapkan, pihaknya sudah menerima surat Presiden tentang 31 nama calon Dubes. Kalangan Dewan siapkan fit and proper test

EmitenNews.com – Nama Ketua Umum Kadin Indonesia Rosan Perkasa Roeslani masuk daftar calon Dubes LBBP yang diajukan Presiden Joko Widodo ke DPR. Bersama pria kelahiran Jakarta, 31 Desember 1968 itu, juga ada mantan Menteri Kesehatan Terawan Agus Putranto, Intelektual muda NU anggota Tim Kampanye Presiden Jokowi, Zuhairi Misrawi, dan lainnya.

Pimpinan DPR RI mengkonfirmasi sudah menerima surat presiden berisi nama para calon Duta Besar Luar Biasa Berkuasa Penuh (Dubes LBBP) untuk sejumlah negara sahabat dan perutusan RI di Perserikatan Bangsa Bangsa (PBB) itu. Komisi I DPR RI segera memproses surat pemerintah terkait pelaksanaan uji kepatutan dan kelayakan para calon Dubes itu.

Wakil Ketua DPR RI Sufmi Dasco Ahmad kepada wartawan, Jumat (19/2/2021), mengungkapkan, pimpinan DPR menerima surat Presiden Joko Widodo itu, sejak pekan lalu. Politikus Partai Gerindra itu memastikan ada 31 nama yang direkomendasikan untuk menjadi wakil RI di sejumlah negara sahabat itu. Namun Ketua Harian DPP Partai Gerindra itu belum mau mengungkap nama-nama mereka. “Ya, ada 31 duta besar yang namanya tercantum dalam surat tersebut. Saya nggak hafal nama-namanya.”

Senada dengan Dasco, Ketua Komisi I DPR RI Meutya Hafid mengatakan hal serupa. Menurut politisi Partai Golkar ini, surat rekomendasi nama calon dubes sudah diterima pimpinan DPR RI, namun belum diterima di Komisi yang dipimpinnya itu. “Surat Presiden itu masih di pimpinan DPR.”

Tetapi, di kalangan wartawan sudah beredar daftar nama, meski tidak sampai 31 orang. Daftar nama calon dubes RI di beberapa negara itu beredar melalui pesan berantai atau broadcast aplikasi perpesanan. Nah, pada daftar yang belum bisa dikonfirmasi itu, terdapat nama Rosan Perkasa Roelani, yang disebutkan untuk posisi Dubes RI di Amerika Serikat.

Juga ada mantan Menteri Kesehatan Terawan Agus Putranto, yang disebut-sebut untuk calon Dubes RI di Madrid, Spanyol. Nama pensiunan Jenderal TNI AD berbintang tiga itu, mengemuka disertai berita soal vaksin Nusantara yang dikabarkan diinisiasi Terawan dengan segala kontroversinya. Penempatannya di Negeri Matador itu, isunya untuk memudahkan pemasaran vaksin untuk melawan pandemi covid-19 buatan anak bangsa.

Berikut daftar calon Dubes RI:

  1. Rosan Perkasa Roeslani: Amerika Serikat
  2. Zuhairi Misrawi: Riyadh
  3. Terawan Agus Putranto: Madrid
  4. Suwartini Wirta: Kroasia
  5. Damos D. Agusman: Austria
  6. Siswo Pramono: Australia di Canberra
  7. Tumpal Simanjuntak: Kanada
  8. M Prakosa: Roma
  9. Ina Krisnamurthi: India
  10. Bebeb Djundjunan: Yunani
  11. Armanatha Nasir: PBB.
  12. Anita Luhulima: Polandia di Warsawa
  13. Pribadi Sutiono: Slowakia
  14. Okto D. Manik: Timor Leste
  15. Fientje Suebu: Selandia Baru di Wellington
  16. Triyogo Jatmiko: Tanzania di Dar es Salaam
  17. Oemar: Prancis di Paris

Kementerian Luar Negeri Republik Indonesia belum bisa mengonfirmasi sejumlah nama bakal calon duta besar yang tengah beredar itu. Kepada pers, kemarin, Juru Bicara Kementerian Luar Negeri RI, Teuku Faizasyah, mengatakan, identitas para calon duta besar tidak bisa diungkap untuk menghormati adab diplomasi dan negara yang dituju.

“Dalam praktik dan adab diplomasi, nama-nama calon dubes tidak dibuka ke publik, setidaknya sampai proses permintaan persetujuan dari negara yang dituju atas calon dubes diperoleh,” ujar Teuku Faizasyah. ***

Check Also

Gagas Vaksin Nusantara, Dokter Terawan dapat Dukungan Parpol Pemerintah
Politikus PDI Perjuangan Aria Bima tegas mengatakan, pemerintah membuka ruang bagi akademisi dan kaum medis terkait pencarian dan pengembangan vaksin Covid-19

EmitenNews.com – Vaksin Nusantara yang digagas mantan Menkes Terawan Agus Putranto mendapat dukungan partai politik …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

%d bloggers like this: