#
Foto: Sinarmas

BSDE Gunakan Anak Usaha di Singapura untuk Refinancing
Menerbitkan Senior Notes Total USD300 Juta

EmitenNews– PT Bumi Serpong Damai Tbk (BSDE) berencana menerbitkan surat utang sebesar USD50 juta. Jenisnya obligasi senior (Senior Notes) dan menawarkan bunga sebesar 7,25 persen.

Rencana penerbitan obligasi berdenominasi USD itu akan dijalankan melalui anak usaha, Global Prime Capital Pte Ltd (GPC). Entitas berbadan hukum Singapura itu dimiliki penuh oleh BSDE.

Senior notes sebesar USD50 juta jatuh tempo pada 2021. Surat utang baru tapi satu kesatuan dengan senior notes sebesar USD250 juta yang telah diterbitkan pada 26 April 2018.

Jatuh temponya juga sama, tahun 2021 dan dengan bunga sama yaitu 7,25 persen. Maka surat utang barunya itu menggenapkan total senior notes diterbitkan menjadi USD300 juta atau setara sekitar Rp4,12 triliun (kurs 13.754).

Terkait surat utang terbarunya itu BSDE menandatangani Purchase Agreement dengan Citigroup Global Markets Singapore Pte Ltd dan UBS AG cabang Singapura, BNP Paribas, dan Credit Suisse sebagai pembeli awal (Initial Purchasers). Ditandatangani pada 30 April 2018.

GPC nantinya akan menyalurkan dana hasil penerbitan surat utang terbaru itu kepada Global Prime Treasury Pte Ltd. Anak usaha juga dan dimiliki melalui GPC.

Sebagai gantinya GPC akan mengambil bagian modal saham tambahan dan efek bersifat ekuitas berkelanjutan (perpetual capital securities) yang akan dikeluarkan oleh GPT.

Selanjutnya, dari GPT, BSDE akan mengambil lagi dana dimaksud untuk digunakan sebagai pembiayaan kembali (refinancing) atas utang yang ada. Sisanya akan digunakan untuk belanja modal kerja dan keperluan korporasi umum.

Check Also

KB Bukopin (BBKP) Bayar Bunga Obligasi Rp38,63 Miliar

EmitenNews.com- PT KB Bukopin Tbk (BBKP) menyampaikan pihaknya telah melakukan pembayaran bunga ke-16 Obligasi Subordinasi …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

%d bloggers like this: