#
Penandatanganan pemberian KPR BTN oleh Direktur Utama BTN, Maryono, disaksikan Menteri Keuangan Sri Mulyani dan Menteri BUMN Rini M. Soemarsono, Rabu (21/06)

BTN Berikan KPR Subsidi Ib Bagi Imam, Mu’adzin, dan Karyawan Masjid Istiqlal

EmitenNews – PT Bank Tabungan Negara (Persero) Tbk. terus berupaya berkontribusi sebagai integrator utama Program Sejuta Rumah. Kali ini, perseroan menyalurkan kredit pemilikan rumah (KPR) Subsidi dengan skema syariah (iB) bagi para imam, mu’adzin, dan karyawan Masjid Istiqlal dengan uang muka ringan dan cicilan hanya sekitar Rp775.000 per bulan.

Direktur Utama Bank BTN Maryono mengatakan pemberian KPR Subsidi iB melalui Unit Usaha Syariah (UUS) perseroan tersebut sebagai wujud kontribusi Bank BTN meningkatkan kesejahteraan umat. UUS Bank BTN, lanjutnya, memberikan KPR Subsidi iB dengan uang muka 1% dan margin cicilan sebesar 5% selama 20 tahun. Dengan skema tersebut, para imam, mua’adzin, dan karyawan Masjid Istiqlal hanya perlu mengangsur sekitar Rp775.000 per bulan untuk dapat memiliki rumah.

“Mudah-mudahan proyek ini akan menjadi model untuk diterapkan di seluruh Indonesia dalam rangka mendukung Gerakan Nasional Peduli Umat. Model ini juga bisa diterapkan lintas umat beragama dalam rangka meningkatkan kesejahteraan antar umat, sehingga tujuan untuk mempertahankan NKRI dari dukungan lintas umat bersatu akan mudah tercapai,” jelas Maryono di Jakarta, Rabu (21/6).

Adapun, pemberian KPR BTN Subsidi iB ini ditandai dengan penandatangan nota kesepahaman (Memorandum of Understanding/MOU) antara Bank BTN dengan Badan Pelaksana Pengelola Masjid Istiqlal tentang Penyediaan Pembiayaan Perumahan Subsidi bagi Imam, Mu’adzin, dan Karyawan Masjid Istiqlal di Gedung Kementerian Keuangan, Jakarta. Penandatangan tersebut juga disaksikan oleh Menteri Keuangan Sri Mulyani, Menteri BUMN Rini M. Soemarno, Direktur Jenderal Pembiayaan Perumahan Lana Winayanti, dan Imam Besar Masjid Istiqlal KH Nasaruddin Umar.

Dalam kesempatan yang sama, juga dilakukan serah terima kunci rumah subsidi secara simbolis kepada para Imam dan Mu’adzin Masjid Istiqlal. “Khususnya, kami mengucapkan terima kasih kepada Menteri Keuangan RI yang mengapresiasi kegiatan ini sehingga bisa terealisasi,” tambah Maryono.

Bagi para imam, mu’adzin, dan karyawan Masjid Istiqlal, Bank BTN bersama dengan developermenghadirkan perumahan khusus. Perumahan tersebut yakni Perumahan Panorama Kemang yang terletak di Parung, Bogor. Perumahan yang dibangun oleh PT Multi Griya Propertindo itu, didirikan di atas lahan seluas + 135 hektar (ha). Dalam proyek ini, secara total akan dibangun 1.400 unit rumah yang dijual seharga Rp141 juta per unit. Hingga kini, tercatat telah dibangun 362 unit rumah dan 330 di antaranya telah terjual.

Nantinya, para imam, mu’adzin, dan karyawan Masjid Istiqlal juga akan diberikan total bantuan sekitar 17,5% dari total harga jual rumah atau setara Rp24,5 juta per orang. Bantuan tersebut terdiri dari bantuan dari Badan Usaha Milik Negara (BUMN), bantuan uang muka pemerintah, dan bantuan lainnya. Adapun dari BUMN, diberikan bantuan senilai Rp17,5 juta per orang. Total bantuan ini nantinya akan digunakan untuk subsidi uang muka dan biaya proses KPR BTN Subsidi iB. Dengan adanya bantuan tersebut, Bank BTN akan memberikan KPR BTN Subsidi iB sekitar Rp116,75 juta per orang.

Untuk tahap pertama, Bank BTN akan merealisasikan KPR bagi 20 orang yang terdiri atas 10 orang Imam dan 10 Mu’adzin. Kemudian, untuk tahap kedua, UUS Bank BTN akan merealisasikan pemberian KPR BTN Subsidi iB untuk sekitar 80 karyawan Masjid Istiqlal. “Sehingga akan ada 100 orang yang akan dibantu Bank BTN melalui KPR BTN Subsidi iB,” ujar Maryono.

Sementara itu, hingga Mei 2017, UUS Bank BTN terus melanjutkan kinerja positif. Per Mei 2017, unit syariah ini telah menyalurkan total pembiayaan senilai Rp15,31 triliun atau tumbuh 26,19% secara tahunan (year-on-year/yoy) dari Rp12,13 triliun di bulan yang sama tahun sebelumnya.

Khusus pembiayaan KPR BTN iB hingga Mei 2017, BTN Syariah telah merealisasikan penyaluran KPR iB untuk 101.916 unit rumah atau melesat 28,69% yoy dari 79.196 unit rumah, dengan nilai Rp.10,87 triliun atau tumbuh 42,38% yoy dari Rp. 7,63 triliun pada Mei 2016. Adapun, sebagian besar KPR tersebut merupakan KPR BTN Subsidi iB. Per Mei 2017, UUS Bank BTN telah menyalurkan KPR Subsidi untuk 62.165 unit rumah atau tumbuh 38,04% yoy dari 45.035 unit, dengan nilai Rp.5,6 triliun atau tumbuh yoy 81,81% dari Rp. 3,08 triliun pada Mei 2016.

Check Also

Pandemi Covid-19 yang Belum Juga Melandai, Diperkirakan Bebani Pergerakan IHSG Hari Ini
Selain data kasus covid-19, pelaku pasar akan mencermati sejumlah data perekonomian. Meliputi, tingkat inflasi yang akan diumumkan oleh BPS hari ini serta data sektor manufaktur

EmitenNews.com – Pandemi virus corona penyebab coronavirus disease 2019 (covid-19) yang belum juga menunjukkan tanda-tanda …

%d bloggers like this: