#
Senin (1/4/2019), mass rapid transit (MRT) Jakarta resmi beroperasi komersial, dengan tarif diskon 50 persen untuk semua jurusan, selama April 2019 (Dok. Merdeka)..

Bukan April Mop, Senin Ini MRT Jakarta Beroperasi Komersial dengan Tarif Diskon 50 Persen
Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan menjelaskan selama April 2019, tarif moda raya terpadu hanya setengah harga

EmitenNews.com – Ini bukan April Mop. Senin (1/4/2019), mass rapid transit (MRT) Jakarta resmi beroperasi komersial, dengan tarif diskon 50 persen untuk semua jurusan. Lewat sosialisasi ini, diharapkan masyarakat memanfaatkan angkutan cepat massal tersebut, dan meninggalkan angkutan pribadi. Masyarakat perlu memanfaatkan tarif setengah harga itu.

Kepada pers, Minggu (31/3/2019), Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan menjelaskan selama April 2019, tarif moda raya terpadu (MRT) dipotong 50 persen. Jadi, dari Stasiun Lebak Bulus ke Bundaran HI Rp14.000, cukup bayar Rp7.000 sekali jalan. Dari Dukuh Atas ke Fatmawati seharusnya Rp12.000, jadi  Rp6.000. Dari Bundaran HI ke Dukuh Atas tarif resmi Rp3.000, cukup Rp1.500.

Pemberian diskon setengah harga itu, bertujuan agar banyak warga beralih menggunakan kereta rel listrik cepat. Selain itu, juga sebagai upaya sosialisasi kepada masyarakat agar lebih memahami penggunaan MRT. Yang terpenting lagi, mengedukasi masyarakat untuk mengubah budaya transportasi dari penggunaan kendaraan pribadi ke kendaraan umum.

Pengoperasional MRT komersial, Senin ini, dimulai kereta pertama dari Stasiun Lebak Bulus dan Stasiun Blok M menuju Stasiun Bundara HI, pukul 05.30 WIB. Sedangkan, kereta pertama dari Stasiun Bundaran HI menuju Stasiun Lebak Bulus, pukul 05.36 WIB. Kereta selanjutnya tiba tiap 10 menit sekali.

Tiket MRT bisa diperoleh dengan membayar kartu harian atau kartu uang elektronik. Masyarakat juga bisa menggunakan uang elektronik yang diterbitkan sejumlah bank. JakLingko, E-Money (Bank Mandiri), Brizzi (Bank BRI), Tap Cash (Bank BNI), Flazz (Bank BCA), dan JakartaOne (Bank DKI).

Division Head Corporate Secretary PT MRT Jakarta, Muhamad Kamaluddin memastikan, fasilitas di stasiun MRT sudah siap jelang beroperasi komersial mulai Senin (1/4/2019) ini. Kesiapan itu misalnya, dari segi pembayaran tiket maupun fasilitas lainnya dalam stasiun dan kereta.

“Sudah siap 100 persen dari sisi gerbang pembayaran sudah dites Bank Indonesia, sudah dapat izin menerima kartu bank. Sudah kontrak dengan masing-masing bank untuk menerbitkan kartu elektronik,” kata Kamaluddin kepada pers, Minggu (31/3/2019).

Pihak MRT Jakarta juga menyiagakan petugasnya dengan menyiapkan uang kembalian bagi pengguna kartu single trip. Petugas di tiap loket pembayaran juga bakal sigap membantu penumpang yang bingung membeli tiket MRT. Setiap mesin tiket atau loket pembayaran ada staf, bahkan lebih dari satu orang untuk kenyamanan penumpang. ***

 

Check Also

Menjelaskan Masalah Defisit BPJS Kesehatan, Menteri Keuangan tidak Mampu Tahan Amarah
Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati meminta internal BPJS Kesehatan giat menagih iuran kepada peserta, khususnya yang tercatat masih menunggak

EmitenNews.com – Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati kehilangan kesabaran. Mantan Direktur Pelaksana Bank Dunia itu, …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *