#
Foto: EN

Calon Direksi BEI 2018-2021, OJK Periksa Syarat dan Kelengkapan Administratif Empat Paket

EmitenNews – Otoritas Jasa Keuangan ( OJK ) tengah melakukan pemeriksaan syarat-syarat dan kelengkapam administratif calon-calon direksi Bursa Efek Indonesia ( BEI) periode 2018 hingga 2021. Pemeriksaan tersebut diharapkan rampung dalam minggu ini dan selanjutnya akan melakukan uji kelayakan dan kepatutan calon direksi bursa mulai tanggal 7 Mei hingga akhir Mei 2018.

Deputi Komisioner Pengawas Pasar Modal II Otoritas Jasa Keuangan (OJK), Fakhri Hilmi mengatakan, uji kelayakan dan kepatutan calon direksi BEI dibarengi dengan hal yang sama untuk jabatan direksi KPEI (Kliring Penjaminan Efek Indonesia) dan komisiaris KSEI (Kustodian Sentral Efek Indonesia.

“Saat ini kami tengah melakukan verifikasi syarat administrative calon direksi BEI, KPEI dan komisaris KSEI” di Jakarta, Kamis(3/5/2018).

Ia menjelaskan, syarat administratif tersebut terkait bahwa masing masing paket berisikan tujuh orang. Syaratnya, dari tujuh orang tersebut setidaknya satu orang calon direktur wajib memiliki pengalaman dalam posisi direktur pada perusahaan bidang keuangan minimal lima tahun, dengan ketentuan minimal tiga tahun menduduki posisi direktur di perusahaan efek.

Selanjutnya, minimal satu orang juga wajib memiliki pengalaman pada posisi manajerial dan minimal satu tingkat di bawah direktur pada institusi pengawas pasar modal paling kurang selama lima tahun.

Selain itu, paling sedikit satu calon direktur wajib memiliki pengalaman posisi manajerial pada bidang pengelolaan risiko dan pengelolaan investasi di perusahaan keuangan. ‎Dan, satu orang profesional di bidang hukum, akutansi, atau keuangan yang berpraktik secara aktif di pasar modal selama kurang lebih lima tahun.

Sedangkan, calon direktur IT (teknologi‎ dan informasi) wajib berpengalaman dalam posisi manajerial di bidang IT paling kurang lima tahun dan punya pengetahuan mengenai sistem IT di perusahaan keuangan.

Sebelum mendaftarkan diri kepada otoritas pasar modal, ketujuh calon direksi itu harus didukung oleh anggota bursa (AB) atau gabungan AB yang memiliki nilai transaksi 10% dari total transaksi bursa dalam satu tahun belakangan.

Masih menurut Fakhri, calon yang dipilih nanti diharapkan paling professional, kompetensi dan integritasnya.

“Dari empat paket calon direksi BEI yang maju, akan kami pilih yang terbaik,” terang dia.

Ia berjanji, akan mengajukan tujuh direksi BEI terpilih untuk ditetapkan dalam Rapat Umum Pemegang Saham Tahunan dan Luar Biasa BEI pada tanggal 25 Juni 2018.

“Sebelum tanggal 25 Juni akan kami ajukan,” kata dia..

Check Also

Nilai Transaksi Harian Naik 30,98 Persen Dalam Sepekan

EmitenNews.com– Selama periode 22 – 26 Februari 2021, Pasar Modal Indonesia mencatatkan pergerakan data perdagangan …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

%d bloggers like this: